Kantongi Izin OJK, BCA Siap Luncurkan Bank Digital

CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 17:36 WIB
Gedung Perkantoran BCA Jakarta, Selasa, 12 Maret 2019. CNNIndonesia/Safir Makki BCA siap meluncurkan bank digital setelah akuisisi PT Bank Royal Indonesia rampung dan mendapat persetujuan OJK. Ilustrasi gedung BCA. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengklaim telah mengantongi persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk meluncurkan layanan bank digital.

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn menuturkan PT Bank Royal Indonesia telah rampung diakuisi akan ditransformasikan menjadi Bank Digital BCA.

"Bank Royal rebranding dengan nama Bank Digital BCA yang telah mendapat persetujuan dari OJK beberapa waktu lalu," ujarnya kepada CNNIndonesia.com Jumat (10/7).


Hera menyampaikan saat ini tim internal BCA sedang berkoordinasi dan berkomunikasi untuk memastikan proses pengembangan ini dapat berjalan dengan baik. 

Proses persiapan peluncuran bank digital akan disampaikan lebih lanjut, tapi yang jelas bank digital tersebut akan fokus pada segmen ritel dan UMKM.

"BCA telah merampungkan akuisisi Bank Royal pada April 2020 dan rencananya fokus mengembangkan sektor ritel dan UMKM secara digital," tuturnya.

Diketahui, BCA sebelumnya berencana menyuntik modal ke Bank Royal sebesar Rp700 miliar. Tambahan modal tersebut di luar transaksi akuisisi senilai hampir Rp1 triliun yang dilakukan pada 16 April 2019 lalu.

Direktur Utama Bank BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan tambahan modal itu bertujuan untuk membuat Bank Royal naik kelas dari Bank Umum Kategori Usaha (BUKU) I menjadi BUKU II.

Pasalnya, BCA tengah mengkaji Bank Royal untuk fokus ke segmen perbankan digital.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/bir)