Dorong Transaksi Nontunai, BNI-Artajasa Luncurkan B-Secure

Bank BNI, CNN Indonesia | Jumat, 10/07/2020 18:39 WIB
BNI B-Secure PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Artajasa meluncurkan alat transaksi e-commerce B-Secure.(Foto: Dok. BNI)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) bekerja sama dengan PT Artajasa meluncurkan alat transaksi e-commerce B-Secure.

B-Secure merupakan metode pembayaran untuk melakukan transaksi e-commerce yang aman, mudah, dan real-time, serta mendukung akseptasi program Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina L. Karnalies mengatakan kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kemudahan pembayaran nontunai di masa pandemi serta menggarap potensi market transaksi e-commerce domestik kartu debit BNI, khususnya yang berlogo GPN.


"Para pemegang Kartu Debit BNI berlogo GPN sudah dapat menikmati pengalaman transaksi e-commerce pertamanya di merchant pilihan yang sesuai dengan kondisi saat ini, yaitu KALCare yang tersedia di aplikasi dan website," ujar Corina berdasarkan keterangan resmi, Jakarta, Jumat (10/7).

Corina menjelaskan, keuntungan transaksi e-commerce Kartu Debit BNI berlogo GPN di KALCare antara lain bisa menikmati promo potongan langsung sebesar Rp46.000 untuk minimal transaksi Rp500.000 pada layanan B-Secure.

"Ini berlaku periode program 10-12 Juli 2020, dan selanjutnya berupa promo reguler yaitu potongan langsung sebesar Rp25.000 hingga 21 September 2020," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama Artajasa Bayu Hanantasena menyebut kolaborasi Artajasa dengan BNI ini untuk memberikan persembahan terbaik kepada para nasabah pemilik kartu Debit GPN.

"B-Secure menjadi solusi menarik bagi Bank dan merchant karena merupakan satu-satunya layanan otentikasi domestik yang dapat memproses transaksi menggunakan kartu ATM/Debit berlogo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional)," ujar Bayu.

Dengan peluncuran layanan ini, lanjut Bayu, Artajasa sebagai pemilik dan pengelola jaringan ATM Bersama, telah berhasil memperluas fitur kartu debit GPN sehingga bisa digunakan untuk bertransaksi e-commerce.

"Hadirnya layanan inovatif B-Secure dari Artajasa akan semakin mendorong jumlah transaksi elektronik di Indonesia serta mengurangi penggunaan uang tunai selama masa pandemi ini dan seterusnya," tambah Bayu.

Kinerja Kartu Debit BNI

Corina menambahkan animo dalam menggunakan kartu debit BNI sebagai alat transaksi e-commerce sehari-hari terus tumbuh.

Hal itu ditunjukkan dengan volume transaksi e-commerce Kartu Debit BNI yang mencapai sekitar Rp500 miliar pada Semester I 2020, atau tumbuh 105 persen  secara year on year (yoy) dari volume transaksi e-commerce per Juni 2019 yang sebesar Rp225 miliar.

"Dengan layanan transaksi e-commerce domestik ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan 25 persen volume transaksi e-commerce Kartu Debit BNI," ujarnya.

Selain memberikan e-commerce shopping experience, BNI juga berharap dapat memberikan edukasi pengelolaan keuangan dan transaksi dengan kemudahan dalam membuka rekening Taplus BNI melalui Digital Channel dan BNI SONIC, benefit dari fitur BNI Poin+ serta layanan e-Banking.

(fef)

[Gambas:Video CNN]