Pelatihan Tatap Muka Kartu Prakerja Mulai Agustus

CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 06:51 WIB
Petugas mendampingi warga yang melakukan pendaftaran calon peserta Kartu Prakerja di LTSA-UPT P2TK di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pemprov Jawa Timur membuka 56 posko yang tersebar di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur untuk memberikan pelayanan dan pendampingan kepada masyarakat yang terdampak COVID-19 dalam mendaftar program Kartu Prakerja. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj. Pemerintah akan membuka pelatihan kartu prakerja secara tatap muka atau luring mulai pertengahan Agustus 2020. (ANTARA FOTO/Moch Asim).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan mulai membuka pelatihan luring atau tatap muka untuk program kartu prakerja. Selama ini, pelaksanaan program kartu prakerja baru dilakukan secara daring (online) lantaran pandemi covid-19.

Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahudin mengungkapkan pelatihan tatap muka akan dimulai sekitar pertengahan Agustus 2020.

"Pelatihan offline (luring) kami harapkan juga bisa kami mulai Agustus depan,"katanya, Senin (13/7).


Ia menuturkan pelatihan tersebut dikhususkan untuk daerah dengan peningkatan kasus covid-19 terkendali. Selain itu, pelatihan tatap muka kartu prakerja tetap diterapkan sesuai protokol pencegahan penularan covid-19.

Dirjen Pembinaan, Pelatihan, dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan Bambang Satrio Lelono menyebut pihaknya akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 pada tingkat daerah dalam menjalankan pelatihan tatap muka.

Dengan demikian, pelaksanaannya betul-betul sesuai dengan protokol pencegahan penularan virus corona.

"Kami, Kemenaker, diminta untuk koordinasi dengan pelatihan model luring ini, kami akan selalu koordinasi dengan Gugus Tugas COVID-19 setempat," kata Bambang.

Pelatihan tatap muka ini, lanjut dia, rencananya dimulai dari daerah yang berstatus zona hijau. Harapannya, pelatihan bisa maksimal dan tidak berisiko menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Kami akan selalu tanya tanya Gugus Tugas Covid-19 berapa kapasitas lembaga yang bisa melaksanakan pelatihan offline. Kami akan mulai dari wilayah zona hijau," jelasnya.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga menargetkan membuka pendaftaran gelombang IV kartu prakerja pada minggu ketiga atau keempat Juli mendatang.

Pendaftaran gelombang IV dibuka usai PMO kartu prakerja mendapatkan hasil verifikasi pelaksanaan gelombang I hingga III yang sedang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Setelah mendapatkan hasil verifikasi, maka pemerintah akan membayar lembaga pelatihan.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)