Bangun 15 Kapal, Pertamina Gandeng Tiga BUMN

CNN Indonesia | Selasa, 14/07/2020 16:49 WIB
Dirut Pertamina Nicke Widyawati memberikan keterangan pers dikantor Kementrian BUMN. Jakarta, Kamis, 12 Desember 2019. CNNIndonesia/Adhi Wicaksono. PT Pertamina (Persero) akan melakukan pengadaan 15 unit kapal di dalam negeri sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengembangkan industri galangan kapal. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) menggandeng tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk bekerja sama dalam pembangunan, pemeliharaan, dan perawatan kapal. Perseroan menargetkan pengadaan kapal sebanyak 15 unit di dalam negeri dari kerja sama tersebut.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengungkapkan tiga perusahaan pelat merah yang bekerja sama dengan perusahaan, antara lain PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero), PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero), serta PT Industri Kapal Indonesia (Persero).

Ia bilang 15 kapal akan dibangun di dalam negeri itu merupakan bagian dari rencana pengadaan 48 kapal dalam lima tahun ke depan.


"Dalam lima tahun ke depan, Pertamina akan melakukan pengadaan 48 kapal dan sebanyak 15 kapal akan dilakukan di dalam negeri. Inilah yang bisa dijadikan langkah awal untuk pengembangan galangan kapal dalam negeri sehingga bisa memperkuat bisnis dalam negeri," ungkap Nicke dalam video conference, Selasa (14/7).

Kerja sama ini, kata Nicke, sejalan dengan rencana pemerintah dalam meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN) di dalam negeri. Ia menyatakan manajemen mengedepankan kontribusi nasional di setiap proyek perseroan.

Selain itu, kerja sama dengan tiga BUMN ini juga bertujuan meningkatkan produktivitas Pertamina dalam pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian kapal. Dengan demikian, prosesnya bisa lebih cepat dari sebelumnya.

"Nantinya akan lebih fleksibel sehingga bisa melakukan docking di lokasi terdekat. Hal ini juga akan menjadikan perawatan dan pemeliharaan kapal Pertamina lebih efisien," tutur Nicke.

[Gambas:Video CNN]

Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin menambahkan perjanjian kerja sama Pertamina dengan tiga BUMN lainnya merupakan implementasi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengutamakan sinergi antar perusahaan pelat merah.

Ia berharap BUMN dapat saling membantu satu sama lain di tengah pandemi virus corona. Dengan begitu, semakin banyak kerja sama bisnis yang saling menguntungkan untuk perusahaan pelat merah.

"Kami ingin memastikan roda perekonomian berjalan, sehingga terjadi perputaran ekonomi di dalam negeri," pungkas Budi.

(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK