Pemeliharaan Tol, Jasa Marga Terapkan Contra Flow di Jagorawi

CNN Indonesia | Senin, 20/07/2020 11:20 WIB
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (20/5/2020). Meski masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masih berlangsung di Jakarta namun sejumlah warga dengan kendaraannya mulai memadati lalu lintas jalan tol serta Ibu kota. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc. Jasa Marga menerapkan contra flow dari KM 05 sampai KM 17 arah Ciawi, mulai Senin sampai Jumat pukul 15.30-21.00 WIB karena pemeliharaan Tol Jagorawi. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad berkoordinasi dengan pihak kepolisian akan menerapkan kebijakan rekayasa lalu lintas secara situasional di Tol Jagorawi berupa contra flow dari KM 05+000 sampai dengan KM 17+000 arah Ciawi.

Kebijakan tersebut akan dilakukan mulai Senin sampai dengan Jumat pada pukul 15.30 s.d 21.00 WIB.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Oemi Vierta Moerdika mengatakan itu dilakukan terkait kelanjutan pekerjaan pemeliharaan dan rekonstruksi jalan Tol Jagorawi sepanjang 255 kilometer.


Ia mengatakan Jasa Marga kembali melanjutkan proyek pemeliharaan Tol Jagorawi. Pekerjaan dilakukan pada KM 11+600  sampai dengan KM 11+725 lajur 1 sepanjang 125 m dan KM 11+825 sampai dengan KM 11+955 lajur 1 sepanjang 130 m arah Ciawi pada Minggu (19/7) kemarin.

Perbaikan rencananya dilakukan sampai dengan Sabtu (25/7) pukul 06.00 WIB.

Ia berharap kebijakan untuk bisa mencegah kepadatan lalu lintas yang timbul akibat proses pemeliharaan jalan tersebut. Selain rekayasa lalu lintas tersebut, untuk mencegah penumpukan kendaraan pihaknya juga menyiapkan rambu-rambu untuk pengamanan dan menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas di sekitar lokasi pekerjaan.

"Kami memasang beberapa rambu pengamanan sesuai standar perambuan Jasa Marga dan melakukan rekayasa lalu lintas contra flow. (Kami) juga menempatkan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan di luar dari petugas Mobile Customer Service yang juga siaga 24 jam," katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (20/7).

[Gambas:Video CNN]

Ia menambahkan semua lajur (selain lajur 1) dapat digunakan sebagai jalur lalu lintas selama pekerjaan berlangsung, kecuali pada pukul 21.00-06.00 WIB, bahu luar, lajur 1 dan sebagian lajur 2 pada lokasi pemeliharaan dan rekonstruksi jalan akan digunakan sementara untuk akses alat berat dan kegiatan pengecoran beton.

Oemi mengatakan, Jasamarga Metropolitan Tollroad telah melakukan penyelesaian pekerjaan rekonstruksi Ruas Tol Jagorawi dengan total sepanjang 2.576,77 meter.

"Dengan menyelesaikan pekerjaan rekonstruksi sepanjang 170 m pada minggu lalu, Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai pengelola Jalan Tol Jagorawi, telah menyelesaikan pemeliharaan dan rekonstruksi Jalan Tol Jagorawi sepanjang 2.576,77 meter sejak April 2020 yang lalu,"ujarnya.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan, serta memastikan terpenuhinya Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol Jagorawi.

(agt/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK