Aetra Respons Lonjakan Tagihan Air Nycta Gina Rp26 Juta

CNN Indonesia | Senin, 20/07/2020 12:30 WIB
Petugas memeriksa ruang pompa di Instalasi Pengolahan Air Palyja, Pejompongan, Jakarta, 13 Februari 2019. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan segera mengambil alih pengelolaan air dari pihak swasta (PT Aetra Air Jakarta dan PT PALYJA) demi memperluas cakupan akses air. Perusahaan pengolahan dan penyedia air Aetra mengaku masih mengecek langsung ke rumah artis Nycta Gina terkait lonjakan tagihan Rp26 juta. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah pelanggan PDAM Jaya mengeluhkan lonjakan tagihan air selama pandemi virus corona (covid-19). Salah satunya selebriti Nycta Gina, yang mengaku tagihan air di rumahnya melompat 260 kali dari tagihan bulan-bulan biasanya Rp100 ribu.

Lewat akun Instagram-nya, Nycta yang berdomisili di Pulo Mas, Jakarta Timur, itu mengaku kaget tagihan air yang harus dibayar mencapai Rp26 juta.

"Kemarin, kayak disamber geledek kami dapat tagihan air 26 juta lebih, padahal biasanya nggak sampai 100 ribu per bulan," ujarnya lewat akun @missncytagina dikutip Senin (20/7).


[Gambas:Instagram]

Ncyta juga melampirkan foto struk tagihan airnya dari PT Aetra Air Jakarta per Juli 2020 tersebut. Total tagihan yang tertera mencapai Rp26.539.079.

Jumlah tersebut sudah termasuk PPN sebesar 10 persen, beban tetap Rp14.190, sewa meteran Rp5.200 dan meterai Rp6.000.

"Pemakaian belum sampai sebulan masa bisa bocor sampai selisih Rp26.499.500 dari bulan sebelumnya. Dipikir saya buka Waterboom cabang Pulomas kali ah," terang Ncyta.

Tak hanya di Instagram, keluhan serupa juga disampaikan salah satu pelanggan via twitter.

Akun @SunilAdwani12 misalnya, meminta penjelasan soal tagihan airnya yang mencapai Rp1 juta. Ia sudah mengajukan komplain atas lonjakan tagihan tersebut tapi belum mendapat solusi dari perusahaan pengelola air minum wilayahnya, yakni PT Aetra Air Jakarta.

"Kami pelanggan no 60056666, kami ada masalah tagihan air Juni 20 yang tiba-tiba melonjak jadi Rp1 juta-an, padahal biasa tagihan hanya Rp70.000-an, sudah coba komplain ke kantor PAM tapi tidak bisa ketemu langsung dengan CS. Bagaimana kami bisa selesaikan masalahnya? @AetraJKT," ujar Sunil.

Terkait hal tersebut, Corporate and Communication Manager Aetra Astriena Vericia mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan pengecekan langsung ke rumah Nycta Gina. Ia mengaku belum tahu penyebab lonjakan tagihan tersebut.

"Siang ini sedang pengecekan langsung ke lapangan oleh tim aetra. Menunggu hasil lapangannya ya biar lebih pasti," jelasnya saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Menurut Vericia, kasus tersebut biasanya cuma dialami beberapa pelanggan dan hanya ada di beberapa wilayah. Biasanya hal tersebut disebabkan kebocoran atau kesalahan pencatatan.

"Bisa keduanya (kebocoran dan kesalahan pencatatan). Tapi jika ada pemakaian ekstrem langsung tertangkap di sistem seperti kasus Nycta Kinos ini," kata Vericia.

"Jadi hari ini akan dipastikan kembali jika bocor instalasi dalam ada di mana," tandasnya.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK