Ekonomi Chile Anjlok 12,4 Persen pada Kuartal II 2020

CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 04:18 WIB
Ekonomi Chile merosot 12,4 persen pada kuartal II 2020 karena pandemi corona. Namun, realisasi itu lebih baik dari perkiraan. Ekonomi Chile merosot 12,4 persen pada kuartal II 2020 karena pandemi corona. Namun, realisasi itu lebih baik dari perkiraan. Ilustrasi. (Martin BERNETTI / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pertumbuhan ekonomi Chile merosot 12,4 persen pada kuartal II 2020 dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kontraksi laju ekonomi tak lepas dari hantaman pandemi virus corona.

Bank Sentral Chile menilai realisasi itu lebih baik dari perkiraan berkat industri pertambangan yang masih beroperasi di tengah wabah. Sebagai catatan, pertambangan berkontribusi terhadap 10 hingga 15 persen perekonomian Chile.

Pemerintah Chile sendiri memperkirakan penurunan laju ekonomi mencapai 15 hingga 17 persen selama periode April-Juni.


"Pertumbuhan ekonomi tak seburuk yang kami perkirakan," ujar Menteri Ekonomi Chile Lucas Palacios seperti dikutip dari AFP, Selasa (4/8).

Palacios menilai kinerja tersebut memberikan secercah harapan untuk perbaikan ekonomi lebih lanjut ke depan.

Sektor konstruksi dan jasa terkena pukulan paling besar dari penerapan aturan kesehatan yang bertujuan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Hantaman juga dirasakan oleh sektor manufaktur.

Sebagai informasi, hingga Senin (3/80), jumlah kasus corona di Chile mencapai hampir 360 ribu kasus di mana lebih dari 13.400 di antaranya meninggal dunia.

[Gambas:Video CNN]



(afp/sfr)