Trump Perpanjang Bantuan Covid-19 Hingga Akhir Tahun

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 06:46 WIB
Presiden AS Donald Trump memperpanjang bantuan terkait covid-19 hingga akhir tahun, di antaranya tunjangan bagi pengangguran. Presiden AS Donald Trump memperpanjang bantuan terkait covid-19 hingga akhir tahun, di antaranya tunjangan bagi pengangguran. (AP/Susan Walsh).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden AS Donald Trump memperpanjang bantuan ekonomi bagi masyarakat yang terdampak pandemi covid-19 hingga akhir tahun. Namun, ia mulai mengurangi dana bantuan yang diguyurkan.

Kesepakatan bantuan terkait covid-19 itu ditandatangani meskipun negosiasi antara wakil Republik dan Demokrat di parlemen gagal ditempuh.

Satu dari empat paket bantuan yang digelontorkan Trump, yaitu memperpanjang tunjangan bagi pengangguran hingga akhir tahun. Namun, nilainya berkurang US$400 per pekan.


"Sementara, kongres menyetujui pengurangan US$600 yang berakhir pada Juli," tulis laporan itu, dikutip Antara, Senin (10/8).

Paket bantuan lainnya, yakni menunda pembayaran pinjaman pendidikan hingga tahun ini dan menangguhkan kewajiban pajak gaji tertentu.

Media AS berpendapat, paket bantuan Trump itu akan menghadapi gugatan hukum, karena tidak mendapat kesepakatan kongres. Sementara, kewenangan konstitusional menjadi penentu pendanaan federal.

[Gambas:Video CNN]



(Antara/bir)