KKP Kucurkan Anggaran Tambahan Rp474 M Terkait Corona

CNN Indonesia | Senin, 10/08/2020 12:08 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelontorkan anggaran tambahan Rp474 miliar guna membantu percepatan pemulihan ekonomi di tengah corona. Kementerian Kelautan dan Perikanan menggelontorkan anggaran tambahan Rp474 miliar guna membantu percepatan pemulihan ekonomi di tengah corona. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menggelontorkan anggaran tambahan sebesar Rp474,9 miliar guna membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional dari tekanan virus corona. Tambahan tersebut masuk dalam anggaran tahun ini.

Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan tambahan anggaran digelontorkan supaya kelautan dan perikanan bisa menjadi sektor andalan dalam mengatasi dampak pandemi covid-19.

"Saya semakin yakin sektor kelautan dan perikanan akan menjadi sektor yang bangkit dan tegak dalam memenangkan pertempuran melawan pandemi covid-19," kata Edhy seperti dikutip dari Antara, Senin (1/8).


Sementara itu, Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar menyatakan tambahan anggaran sudah diatur melalui Surat Menteri Keuangan Nomor S-180/MK.2/2020 tertanggal 8 Agustus 2020.

Dengan tambahan ini, APBN 2020 KKP naik dari Rp4,6 triliun menjadi Rp5,1 triliun. Tambahan akan digunakan untuk merealisasikan berbagai kegiatan di satuan kerja di bawah naungan KKP.

"Tambahan ini prinsipnya (digunakan) untuk membantu stakeholders KKP imbas pandemi, di antaranya sebagai bantuan untuk nelayan seperti alat tangkap, bantuan untuk pembudidaya ikan seperti benih, mesin pakan, asuransi, karamba jaring apung, bantuan untuk pengolah dan pemasar ikan, petambak garam, termasuk di dalamnya mendorong kegiatan-kegiatan padat karya," jelasnya.

[Gambas:Video CNN]

Pihaknya pun sudah melakukan rapat koordinasi dengan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan untuk membahas secara rinci setiap kegiatan dan mekanisme penggunaan anggaran tambahan tersebut.

Sebelumnya, KKP telah melakukan refocussing anggaran sebesar Rp371 miliar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sektor kelautan dan perikanan yang tertekan corona.

(agt/bir)