Telkom Pulihkan Layanan Area Sumatera usai Kebakaran STO

Telkom, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 16:35 WIB
Telkom saat ini terus berupaya memulihkan layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru secara bertahap. Ilustrasi Gedung Telkom. (Foto: Telkom)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Telkom Indonesia hingga saat ini terus berupaya mempercepat pemulihan layanan, baik mobile maupun fixed broadband pascakebakaran di Sentral Telepon Otomat (STO) Pekanbaru Centrum.

Kebakaran di STO Pekanbaru Centrum terjadi pada Selasa, 11 Agustus 2020 sekitar pukul 15:00 WIB dan api berhasil dipadamkan pada pukul 15:51 WIB. Penelusuran lebih lanjut terkait penyebab kebakaran sedang dilakukan, dengan dugaan percikan api berasal dari ruangan perangkat. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

"Kami menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan khususnya yang terdampak atas ketidaknyamanan ini. TelkomGroup akan terus mengupayakan percepatan perbaikan layanan sehingga pelanggan dapat kembali menggunakan layanan seperti sediakala," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo di Jakarta, Selasa (12/8).


Arif menjelaskan, sejak Selasa tengah malam hingga Rabu dini hari, layanan mobile Telkomsel untuk area Sumatera telah pulih 100 persen dan kembali berjalan normal, kecuali area Kota Pekanbaru.

"Proses pemulihan berhasil dilakukan dengan pengalihan trafik melalui by pass sistem transmisi backbone broadband di Pekanbaru, memanfaatkan redundant system yang ada yakni 7 titik NGN di Sumatera dengan 2 sistem transmisi backbone di darat dan 3 sistem backbone kabel laut. Dengan adanya sistem redundant ini memungkinkan proses pemulihan layanan dapat dilakukan lebih cepat," katanya.

Arif melanjutkan, pemulihan layanan Telkomsel dan IndiHome area Pekanbaru tengah dilakukan secara bertahap sampai saat ini melalui proses re-engineering jaringan, sehubungan dengan perangkat yang terdampak di lokasi STO. Ia pun menyampaikan terima kasih atas bantuan berbagai pihak mengatasi kebakaran, serta kesetiaan pelanggan terhadap TelkomGroup.

"Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pemadaman dan pemulihan, serta kepada pelanggan yang senantiasa setia pada layanan TelkomGroup," ucap Arif.

(rea)