Miliarder Media Sumner Redstone Meninggal pada Usia 97 Tahun

cnn, CNN Indonesia | Kamis, 13/08/2020 10:54 WIB
Pemilik CBS dan Viacom Sumner Redstone meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Selasa (11/8) waktu Amerika Serikat. Pemilik CBS dan Viacom, Sumner Redstone meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Selasa (11/8) waktu Amerika Serikat.(AFP/Robyn Beck).
Jakarta, CNN Indonesia --

Konglomerat media Sumner Redstone meninggal dunia pada usia 97 tahun pada Selasa (11/8) waktu Amerika Serikat.

Pada puncaknya bisnisnya, Redstone memiliki CBS dan Viacom (VIACA), perusahaan yang merupakan orang tua dari sejumlah anak perusahaan mulai dari Paramount Pictures dan MTV hingga Comedy Central dan Spike TV.

"Ayah saya menjalani kehidupan luar biasa. Tidak hanya membentuk hiburan seperti yang kita kenal sekarang, tetapi juga menciptakan warisan keluarga yang luar biasa," kata putri Sumner, Shari Redstone dikutip dari CNN.com, Kamis (13/8).


Berita kematiannya diumumkan pada Rabu oleh juru bicara keluarga.

Tahun-tahun terakhir hidup Redstone dihabiskan dengan masuk ke dalam kontroversi dan pertempuran hukum, termasuk proses pengadilan di mana mantan pacar Redstone menggambarkan dirinya sebagai "hantu hidup" yang terobsesi dengan seks.

Mantan pacar Redstone, Manuela Herzer berusaha membuktikan bahwa Redstone tidak kompeten dan di bawah pengaruh yang tidak semestinya dari Shari Redstone.

Termasuk ketika Redstone mengusir Herzer dari mansion dan mencabut otoritas untuk membuat keputusan perawatan kesehatan untuknya. Tuntutan hukum tersebut diselesaikan pada Januari 2019.

Tapi Redstone masih harus menghadapi tuntutan hukum atas kekayaannya dibangun untuk membuktikan ketidakmampuan mentalnya.

Setelah perjuangan itu, Shari Redstone akhirnya muncul memegang kendali dan mendorong merger yang akan menyatukan kembali CBS dan Viacom.

Menurut majalah Forbes, kekayaan Redstone mencapai US$4,6 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)