Mentan Klaim Anak Buah Rutin Rapid dan Swab Test

CNN Indonesia | Senin, 24/08/2020 20:15 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengklaim kementeriannya rutin melakukan tes kesehatan melalui skema rapid dan swab test kepada seluruh pegawai. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengklaim kementeriannya rutin melakukan tes kesehatan melalui skema rapid dan swab test kepada seluruh pegawai.(CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengklaim kementeriannya rutin melakukan tes kesehatan melalui skema rapid test dan swab test kepada seluruh pegawai. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 di lingkungan kementerian.

"Setiap bulan kami sudah melakukan pengecekan melalui rapid test dan swab test. Akan tetapi setiap karyawan juga tidak bisa 24 jam kami jaga karena mereka juga di rumah mereka, pergi ke pasar, atau ke tempat lainnya," ujar Syahrul seperti dikutip dari Antara, Senin (24/8).

Syahrul mengatakan hal ini dilakukan karena kementerian memberlakukan skema kerja dari rumah (work from home/WFH) dan kerja dari kantor (work from office/WFO) secara bergantian. Selain itu, beberapa pegawai di bidang tertentu, mau tidak mau masih harus turun ke lapangan untuk memastikan kecukupan pasokan pangan nasional.


Dari hasil tes swab test terakhir, ditemukan 17 pegawai kementerian positif covid-19. Mereka merupakan pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal (Ditjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan.

"Dari tes swab terakhir memang ada beberapa karyawan yang positif dan saat ini sudah mendapatkan penanganan. Ruangan juga sudah kembali disterilkan. Pembagian antara WFH dan WFO juga tetap berlanjut seperti sebelumnya," jelasnya.

Atas kondisi tersebut, kementerian melakukan karantina wilayah (lockdown) Gedung C lantai 6 sampai 9 selama tiga hari dari 24 Agustus sampai 26 Agustus 2020. Selama masa lockdown, kementerian melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh ruangan.

Tak ketinggalan, kementerian selalu mengimbau pegawai untuk menerapkan protokol kesehatan nasional selama bekerja. Misalnya, menggunakan masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan lainnya.

Sekretaris Jenderal Kementan Momon Rusmono menambahkan penyemprotan disinfektan juga dilakukan di ruangan-ruangan lain di kantor pusat kementerian. Kementerian juga melakukan peningkatan imunitas pegawai dan lebih mengutamakan pertemuan virtual untuk rapat.

[Gambas:Video CNN]



(uli/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK