Berharta Rp2.920 T, Jeff Bezos Pecahkan Rekor Orang Terkaya

CNN Indonesia | Kamis, 27/08/2020 10:34 WIB
Jeff Bezos menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mengumpulkan kekayaan US$200 miliar setelah saham Amazon naik Rabu (26/8) kemarin. Jeff Bezos menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mengumpulkan kekayaan US$200 miliar. Kekayaan terpupuk setelah saham Amazon naik Rabu (26/8) kemarin. (AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pendiri Amazon Jeff Bezos makin kaya. Pada Rabu (26/8) lalu, Forbes mendapuknya menjadi orang pertama di dunia yang berhasil mengumpulkan kekayaan sebesar US$200 miliar atau setara Rp2.920 triliun (kurs Rp14.600).

Kekayaannya menjulang kian tinggi setelah saham perusahaan pimpinannya, Amazon, naik 2 persen Rabu lalu. Kenaikan tersebut menambah US$4,9 miliar dari kekayaan bersih Bezos.

Harta pria berusia 56 tahun ini melebihi kekayaan orang terkaya di dunia, Bill Gates yang saat ini tercatat sebesar US$116 miliar.


Bahkan, dengan menyesuaikan tingkat inflasi, Forbes meyakini kekayaan Bezos adalah yang terbesar yang pernah terkumpul seorang individu.

Orang yang paling dekat adalah Gates, yang merupakan centibillionaire pertama di dunia ketika Microsoft mencapai puncaknya pada tahun 1999. Kala itu kekayaan bersih Gates melampaui US$100 miliar, kira-kira US$158 miliar dalam dolar saat ini.

Dipicu oleh perubahan kebiasaan konsumen akibat pandemi, saham Amazon melonjak hampir 80 persen sejak awal tahun. Sementara kekayaan bersih Bezos yang pada awal Januari terhitung sebesar US$115 miliar terus meroket.

Kepemilikan 11 persen Bezos di perusahaan Amazon menyumbang lebih dari 90 persen dari kekayaannya. Sisanya dikumpulkannya dari pemasukan dari beberapa usaha yang dimilikinya.

[Gambas:Video CNN]

Diketahui, Bezos juga memiliki Washington Post, perusahaan kedirgantaraan Blue Origin, dan investasi swasta lainnya.

Jika saja ia tak bercerai pada tahun lalu, kekayaannya bakal jauh melampaui hartanya kini. Pada tahun lalu, Bezos memberikan 25 persen dari kepemilikan sahamnya di Amazon yang setara dengan US$63 miliar kepada mantan istrinya, Mackenzie Scott.

Bahkan setelah menyumbangkan US$1,7 miliar dari hartanya, Scott masih didapuk menjadi orang terkaya ke-14 di dunia dan wanita terkaya kedua di dunia setelah pewaris L'Oréal, Françoise Bettencourt Meyers.

Bezos tidak menikmati lonjakan saham perusahaan teknologi seorang diri, Mark Zuckerberg dari Facebook pada Selasa lalu juga bergabung sebagai centibillionaire baru. Total hartanya tercatat sebesar US$103,1 miliar dengan tambahan US$3,4 miliar kekayaan dalam satu hari, dari kenaikn saham Facebook.

Lonjakan itu berlanjut pada Rabu (26/8) kemarin, Zuckerberg memperoleh tambahan US$6 miliar yang menjadikan total kekayaannya sekarang US$109,1 miliar.

Bergabung dengan Bezos, Gates, dan Zuckerberg yang baru dinobatkan adalah ketua LVMH Bernard Arnault, yang pertama kali bergabung dengan jajaran 12 tokoh tahun lalu.

Meski kekayaan bersihnya merosot menjadi sekitar US$80 miliar pada puncak pandemi virus corona pada Maret, Arnault merebut kembali gelar centibillionaire pada bulan Mei dan hari ini kekayaannya bernilai sekitar US$115 miliar. Ini membuatnya menjadi orang terkaya ketiga di dunia.

Melansir Forbes, Bezos menyumbangkan 7.548 saham Amazon yang setara sekitar US$26 juta untuk organisasi nirlaba yang dirahasiakan. Pada penutupan pasar saham kemarin, harta Bezos bernilai US$205 miliar.

(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK