United Airlines PHK 16 Ribu Karyawan per 1 Oktober

cnn, CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2020 04:30 WIB
United Airlines berencana untuk memberhentikan hingga 16 ribu pekerja mulai Oktober 2020 mendatang. United Airlines berencana untuk memberhentikan hingga 16 ribu pekerja mulai Oktober 2020 mendatang.(Scott Olson/Getty Images/AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

United Airlines berencana untuk memberhentikan hingga 16 ribu pekerja mulai Oktober 2020 mendatang. Aksi ini dilakukan di tengah anjloknya industri penerbangan karena pandemi virus corona.

Maskapai raksasa asal AS ini mengatakan bisa memangkas 36 ribu pekerja. Selain PHK, sebagian karyawan pun ditawari program pensiun dini dan program lainnya.

Langkah ini dinilai krusial untuk maskapai agar bisa menekan pengeluaran.


"Hari ini, setiap pemimpin operasi kami berkomunikasi langsung dengan tim mereka untuk berbagi berita yang menyayat hati. Sekitar 16 ribu karyawan United akan diberi tahu tentang PHK yang efektif mulai 1 Oktober," ujar juru bicara perusahaan dikutip dari AFP, Kamis (3/9).

Dari 16 ribu pegawai, sebanyak 7 ribu merupakan pramugari dan 3 ribu pilot.

"United tidak dapat melanjutkan dengan tingkat staf yang secara signifikan melebihi jadwal kami terbang," kata perusahaan itu.

United termasuk di antara maskapai penerbangan yang menerima pendanaan federal, yang melarang pemotongan staf paksa hingga akhir September.

United mengatakan sedang bekerja dengan serikat pekerja untuk menekan pemerintah agar memberikan paket bantuan darurat lainnya dengan perpanjangan dukungan penggajian bagi pekerja maskapai penerbangan.

[Gambas:Video CNN]



(AFP/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK