BLT 3,5 Juta Pekerja Mulai Cair Hari Ini

CNN Indonesia | Jumat, 11/09/2020 07:40 WIB
Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan BLT untuk 3,5 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta cair pada Jumat (11/9) ini. BLT untuk 3,5 juta pekerja bergaji Rp5 juta akan cair Jumat (11/9) ini. Ilustrasi. CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Rp600 ribu bagi pekerja bergaji di bawah Rp5 juta untuk 3,5 juta orang pada pekan ini. Kementerian Ketenagakerjaan memastikan pencairan akan dilakukan Jumat (11/9) ini.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah mengatakan kepastian pencairan diberikan setelah pihaknya menerima data 3,5 juta calon penerima BLT tahap III dari BPJS Ketenagakerjaan pada Senin (7/9) lalu. Ia menambahkan berdasarkan petunjuk pelaksanaan dan teknis data yang masuk diproses selama 4 hari setelah diterima, lalu pencairan dilakukan.

"Data yang masuk (Senin), maksimal check list empat hari. Kalau dihitung empat hari, berarti maksimal Jumat ya," ujar Ida seperti dikutip dari keterangannya Kamis (10/9) kemarin.


Setelah data selesai di check list, menurut Ida data akan langsung diserahkan ke KPPN untuk ditransfer ke pekerja melalui bank himbara.

Pemerintah berencana menyalurkan BLT ke 15,7 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta. Bantuan rencananya diberikan sampai dengan kuartal II 2021 demi membantu mereka menghadapi tekanan ekonomi akibat virus corona.

Pemerintah telah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada 3,69 juta pekerja bergaji di bawah Rp5 juta per 7 September 2020 lalu.

Penyaluran itu meliputi tahap pertama dan kedua. Ia merincikan penyaluran tahap pertama sebanyak 2,31 juta penerima, atau 92,42 persen dari total data tahap I yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 2,5 juta.

[Gambas:Video CNN]

Kemudian, tahap kedua sebanyak 1,38 juta, atau 46,20 persen dari total data 3 juta.

"Karena proses secara bertahap tentu ada teman-teman yang sampai sekarang gelombang 1,2, dan 3 belum terbawa, mungkin gelombang berikutnya. Saya mohon sabar karena ini prinsipnya kehati-hatian sehingga saya mohon bersabar," katanya, waktu lalu.

(wel/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK