Pertalite Seharga Premium akan Diperluas di Jabodetabek

CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 20:34 WIB
PT Pertamina (Persero) akan memperluas program Pertalite seharga Premium sebagai bagian edukasi penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. PT Pertamina (Persero) akan memperluas program Pertalite seharga Premium sebagai bagian edukasi penggunaan bahan bakar ramah lingkungan. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) akan memperluas program promo BBM jenis Pertalite seharga Premium Rp6.450 per liter ke sejumlah wilayah lain di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

Manager Communication Relations dan Marketing Operation Region III Pertamina Eko Kristiawan mengangkat hal tersebut diperlukan sebagai bagian edukasi publik dalam penggunaan bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan.

Sayangnya ia enggan menyebut wilayah mana saja yang akan disasar untuk membanderol Pertalite setara Premium.


"Penetapan daerah mempertimbangkan kondisi dan sedapat mungkin sejalan dengan program pemerintah daerah setempat. Saat ini sedang dalam tahap persiapan (perluasan)," ujarnya saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (14/9).

Eko juga menegaskan promo diskon harga BBM beroktan 90 itu merupakan program perusahaan yang tidak mensyaratkan apapun kepada pelanggan. Selain itu, SPBU yang ditetapkan menjual Pertalite seharga Premium juga tak dibeda-bedakan baik itu yang dikelola langsung oleh Pertamina atau swasta.

Seperti diketahui, harga Pertalite turun ke Rp6.450 per liter telah diberlakukan pada 38 SPBU di Tangerang Selatan mulai Minggu (13/9) dalam rangka program Langit Biru. Sebelumnya, program serupa diterapkan Kota Denpasar, Bali pada Juli hingga Agustus lalu.

Program ini dalam rangka mengajak masyarakat menggunakan BBM berkualitas dan mendukung pemerintah tentang pengendalian pencemaran udara sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1999 tentang Pengendalian Pencemaran Udara.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Eko, upaya mengurangi pencemaran udara dapat dilakukan melalui pengendalian emisi gas buang kendaraan bermotor dengan BBM berkualitas.

BBM berkualitas yang dimaksudkan Pertamina, yakni minyak dengan kadar oktan (RON) tinggi. BBM jenis itu lebih ramah lingkungan karena rendah emisi. Di samping alasan tersebut, BBM yang berkualitas akan berdampak pada performa kendaraan dan irit.

(hrf/sfr)