Uang Rp75 Ribu Bisa 'Nyanyi' Indonesia Raya Pakai Aplikasi AR

CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 09:55 WIB
Bank Indonesia (BI) akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan teknologi augmented reality (AR) pada uang pecahan Rp75 ribu. Bank Indonesia mengingatkan agar masyarakat memperlakukan uang dengan hati-hati. (Bank Indonesia).
Jakarta, CNN Indonesia --

Uang Rp75 ribu yang bisa bernyanyi kini sedang viral di berbagai media sosial. Salah satunya, Twitter.

Berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com, pemilik akun @alvinna23 menyatakan uang Rp75 ribu bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Di WAG (WhatsApp Group) lagi heboh uang Rp75 ribu baru bisa nyanyi Indonesia Raya. Biasa, emak-emak. Belum tahu saja kalau uang Rp1.000 lama juga bisa nyanyi. Tapi lagunya Gugur Bunga," katanya dalam akun Twitter pribadinya @alvinna23, dikutip Senin (28/9).


Sementara, akun Dede Budhyarto @kangdede78 menyatakan ada yang aplikasi augmented reality (AR) yang bisa membuat uang Rp75 ribu bisa menyanyikan lagu Indonesia Raya.

"Ada aplikasinya agar uang pecahan Rp75 ribu melantunkan lagu Indonesia Raya yaitu dengan menggunakan aplikasi digital bernama lvive," tulisnya.

Aplikasi tersebut telah dicoba oleh Rita yang membagikannya melalui akun @ritafauzh.

"Keren nih uang Rp75 ribunya bisa nyanyi," ujar Rita.

Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengungkapkan pihaknya tak membuat konten AR pada uang Rp75 ribu. Bank sentral juga tak membuat konten AR terhadap uang rupiah lainnya.

"Teknologi AR dapat menggunakan obyek apapun, apakah itu gambar uang atau gambar apapun menjadi semacam coding untuk mengaktivasi video, text, atau audio yang sudah dipasang dalam aplikasi yang dibuat pengembang," ungkap Onny kepada CNNIndonesia.com.

Ia menyatakan BI akan mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan AR di Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Republik Indonesia (UPK 75 Tahun RI). Onny mengingatkan agar masyarakat hati-hati dalam memperlakukan uang.

"Uang rupiah dilindungi oleh undang-undang (uu). Masyarakat juga dilarang untuk merusak atau merendahkan sesuai pasal 25, merendahkan kehormatan rupiah sebagai simbol negara," pungkas Onny.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK