Tioria, Fesyen yang Merayakan Cerita Tentang Indonesia

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Minggu, 18/10/2020 15:22 WIB
Bergaya pop art dan menggunakan warna-warna cerah, Tioria menghadirkan keunikan Indonesia seperti bajaj dan becak dalam berbagai desain. Bergaya pop art dan menggunakan warna-warna cerah, Tioria menghadirkan keunikan Indonesia seperti bajaj dan becak dalam berbagai desain. (Foto: dok. CNNIndonesia TV)
Jakarta, CNN Indonesia --

Mengecap pendidikan seni desain dan fesyen di Italia dan Amerika Serikat tak menyurutkan kecintaan Caramia Sitompul terhadap Indonesia. Ia justru memilih menunjukkan kebanggaan akan Jakarta lewat beragam produk Tioria.

Tioria by Camaria lahir empat tahun lalu. Bergaya pop art dan menggunakan warna-warna cerah, Camaria menghadirkan keunikan Indonesia seperti moda transportasi bajaj dan becak dalam berbagai desain busana sampai aksesoris pelengkap. Misalnya, scarf, bandana, dompet, tas, dan masker.

Tak hanya di dalam negeri, nilai Indonesia yang digambarkan Tioria juga disukai di pasar mancanegara. Camaria menuturkan, berkat kesempatan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Pemerintah Daerah, Tioria pernah mengikuti pameran di Bali, Shanghai, hingga beberapa waktu lalu, di Los Angeles.


"Aku bangga pada Jakarta, walaupun macet. Tioria itu perayaan cerita-cerita Indonesia, dengan humor tapi otentik," katanya.

Camaria membenarkan bahwa Tioria pun terkena dampak pandemi Covid-19. Kegiatan bazar yang rutin diikuti harus terhenti, mempersempit kesempatan memperkenalkan produk pada pasar manca. Penjualan menurun sampai 75 persen.

Camaria tahu tak bisa hanya berpangku tangan. Ia memilih berinovasi lewat masker tiga lapis dengan beragam nuansa, mulai batik sampai Bali. Proses produksi dikerjakan dengan mengutamakan protokol kesehatan sesuai standar, termasuk mencuci setiap produk yang sudah jadi, hingga pengemasan. Selain itu, Teoria juga gencar memanfaatkan berbagai platform daring untuk pemasaran.

"Sekarang karena kita enggak bisa ketemu customer, saling kasih ide dengan sesama teman-teman pebisnis, kita beralih ke online. Pure online di marketplace. Sekarang sih kita bisa sharing ideas lewat Zoom, atau Whatsapp, Google Meet, dan kita memang harus belajar digital marketing," ujar Camaria.

Bergabung dalam program Beli Kreatif Lokal yang diinisiasi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Camario menyebut mendapat banyak manfaat. Pembinaan yang diperoleh memberinya

"Karena ada fasilitas ini, kami punya kayak punya tempat untuk bouncing ideas, entah untuk legalitas atau finansial, atau untuk masalah personal misalnya ada pengurangan orang, bisa bertukar pikiran. Dan kita difasilitasi soal HKI, juga ada seminar untuk dapat order lagi lewat digital," paparnya.

Corak khas nusantara dan desain unik melengkapi eksklusifitas produk yang menjadi keunggulan Tioria. Camaria sendiri bertekad akan terus mempertahankan Tioria lewat kemampuan, semangat, dan sistem pendukung yang dimiliki.

[Gambas:Youtube]

(rea)