Batang Disiapkan untuk Pabrik Tesla

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 20:14 WIB
Pemerintah menyiapkan Kawasan Industri Terpadu Batang di Jawa Tengah untuk menjadi lahan pabrik perusahaan mobil listrik Tesla. Pemerintah menyiapkan Kawasan Industri Terpadu Batang di Jawa Tengah untuk menjadi lahan pabrik perusahaan mobil listrik Tesla. Ilustrasi. (AP/Paul Sakuma).
Jakarta, CNN Indonesia --

Perusahaan mobil listrik Tesla milik Elon Musk disebut tengah melirik Kawasan Industri Terpadu Batang di Jawa Tengah sebagai lokasi pabrik baru.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. Ia menyebut bahwa Tesla dan pemerintah tengah melakukan diskusi lebih lanjut.

"On going discussion, arahnya ke sana (Batang)," kata Agus seperti dikutip dari CNBC Indonesia, Selasa (20/10).


Sebelumnya, kabar investasi tersebut dibeberkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia GL Kalake.

Dia menyebut bahwa Tesla punya rencana berinvestasi di Indonesia dan telah mengontak Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan.

"Khusus untuk Tesla, pihak Tesla secara informal sudah menghubungi pak Menko Luhut, tetapi ini masih penjajakan awal dan belum terlalu detail. Kami perlu diskusi lebih lanjut bersama pihak Tesla," kata Ayodhia beberapa waktu lalu.

Ayodhia tak menjelaskan maksud investasi Tesla apakah hanya sekedar membuat lokalisasi baterai atau perakitan mobil.

Di sisi lain, ia mengatakan pemerintah terus memperkuat komitmen mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan infrastruktur pendukungnya. Menurut dia pengembangan dilaksanakan melalui berbagai tahapan.

"Pemerintah sangat berkomitmen kuat untuk terus mengembangkan kendaraan listrik. Pemerintah juga berharap ini menjadi pilihan utama, tetapi memang harus bertahap dengan terus memberikan dukungan penuh," katanya.

Ia mengatakan dukungan yang diberikan antara lain insentif kepada pabrikan atau industri yang mengembangkan kendaraan listrik, dan terus mendorong pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"Sudah ada investor asing yang membangun industri skala besarnya di Indonesia," ucap dia.

[Gambas:Video CNN]



(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK