Jokowi Puji Denso hingga Toyota di Depan PM Jepang Suga

CNN Indonesia | Selasa, 20/10/2020 20:47 WIB
Presiden Joko Widodo mengungkapkan apresiasi atas perluasan investasi Jepang di Indonesia di pelbagai sektor. Presiden Joko Widodo mengungkapkan apresiasi atas perluasan investasi Jepang di Indonesia di pelbagai sektor. (Foto: Muchlis Jr - Biro Setpres)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo mengungkapkan apresiasi atas perluasan investasi Jepang di Indonesia di pelbagai sektor.

Hal itu diungkapkan Jokowi dalam keterangan pers saat bertemu Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga di Istana Kepresidenan Bogor.

"Saya menyambut baik operasi dan perluasan investasi perusahaan Jepang ke Indonesia seperti perusahaan Denso, Panasonic, Mitsubishi Chemical dan Toyota," kata Jokowi seperti yang disiarkan Youtube Sekretariat Negara, Selasa (20/10).


Dengan perluasan itu, dia menambahkan, menjadi bentuk penguatan kerjasama antara Jepang-Indonesia. Jokowi juga menilai bahwa Jepang adalah salah satu mitra yang penting untuk di bidang ekonomi.

"Kami juga membahas upaya memperkuat kerjasama kerja sama di bidang ekonomi. Jepang adalah salah satu negara mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi," terang Jokowi.

Di samping memberikan apresiasi, di pertemuan itu Jokowi juga menyampaikan tentang izin impor Indonesia seperti produk pertanian, produk kehutanan dan produk perikanan dari Indonesia.

"Spirit kerjasama yang inklusif perlu juga terus dimajukan dalam rangka kerjasama Indo Pasifik sebagaimana tercermin dalam Asia Pasifik. Saya juga menggarisbawahi harapan agar Laut Selatan dapat terus menjadi laut yang damai dan stabil," beber Jokowi.

[Gambas:Video CNN]

Selain isu ekonomi, Jokowi juga mengajak Jepang untuk aktif dalam pembangunan tata kelola kesehatan. Penguatan ini perlu dilakukan untuk menghadapi pandemi di masa yang akan datang termasuk pembentukan Asian Center for Public Health Emergency Fund.

Diketahui Suga baru terpilih menjadi Perdana Menteri Jepang. Setelah ia terpilih, Indonesia menjadi negara pertama yang ia kunjungi dalam perjalanan bilateral ke sejumlah negara.

(ctr/asa)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK