Fitch Rating Indonesia Naikkan Peringkat Bukopin Jadi idAAA

Bank Bukopin, CNN Indonesia | Kamis, 22/10/2020 10:05 WIB
Fitch Rating Indonesia memperbaharui Peringkat Nasional jangka panjang milik Bank Bukopin menjadi idAAA. Fitch Rating Indonesia memperbaharui Peringkat Nasional jangka panjang milik Bank Bukopin menjadi idAAA. (Foto: Bank Bukopin)
Jakarta, CNN Indonesia --

Peringkat Nasional jangka panjang milik Bank Bukopin diperbaharui sebanyak empat peringkat menjadi idAAA oleh Fitch Rating Indonesia. Pada Agustus lalu, Fitch juga menaikkan peringkat Bukopin menjadi idAA-.

Pembaharuan peringkat tersebut didasari oleh tuntasnya proses penambahan modal Bukopin oleh KB Kookmin Bank, bank terbesar di Korea Selatan yang menjadi pemegang saham di Bukopin sejak 2018. Saat ini, KB Kookmin Bank memiliki porsi saham di Bukopin sebesar 67 persen, dan sejak akhir Juli 2020 atas persetujuan Dewan Komisioner OJK, resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali.

"Tentu kami sangat mengapresiasi pengakuan yang cepat ini dari Fitch Ratings. Peringkat AAA ini harus kami jaga dengan baik, karena merupakan bentuk
kepercayaan kepada dukungan KB Financial Group di Indonesia, terutama KB Kookmin Bank sebagai PSP dan Bank Bukopin sebagai salah satu ekspansi terbarunya di Asia Tenggara," kata President Director Bank Bukopin Rivan A. Purwantono dalam rilis tertulis, Selasa (20/10).


Rivan menyatakan, kepemilikan mayoritas KB Kookmin terhadap Bukopin semakin meningkatkan kepercayaan public termasuk Fitch Rating. Hal senada disampaikan Fitch dalam rilis di situs resmi pada Selasa (20/10), yang menyebut nilai kepemilikan KB Kookmin Bank yang semakin besar atas Bank Bukopin dapat memberi dampak signifikan dan berkelanjutan.

Di sisi lain, Peringkat Nasional Jangka Panjang Bank Bukopin itu juga mencerminkan ekspektasi Fitch bahwa perseroan saat ini memiliki induk kuat dan memiliki kecenderungan tinggi untuk mendukung perseroan.

Peringkat Nasional Jangka Panjang idAAA menunjukkan peringkat tertinggi yang diberikan oleh Perusahaan Pemeringkat dalam skala Peringkat Nasional untuk
negara tersebut. Peringkat ini diberikan kepada emiten atau obligasi dengan ekspektasi risiko gagal bayar yang rendah terhadap semua emiten atau obligasi lain. Rating tersebut juga masuk dalam kategori Investment Grade. Dalam artian, perusahaan yang berada di peringkat minimal BBB- hingga AAA memiliki kemampuan yang cukup dalam melunasi utang.

Rivan menambahkan, selain memperkuat kepercayaan publik melalui Perusahaan Pemeringkat, posisi KB Kookmin Bank di Bukopin kini diyakini dapat memperkuat fundamental perseroan dalam tumbuh kembang bisnis, terlebih bisnis utama antara KB dan Bukopin memiliki karakteristik serupa yang berfokus pada segmen ritel. Dengan latar belakang tersebut, ia berharap dapat tercipta kolaborasi untuk mengembangkan segmen bisnis Bukopin.

"Untuk menjaga kepercayaan ini, maka kami terus melanjutkan kolaborasi yang luar biasa, kolaborasi dari seluruh lini, dengan momentum transformasi pasca bergabungnya Bank Bukopin di keluarga besar KB Kookmin Bank. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kita maju bersama dengan KB Kookmin Bank," ungkap Rivan.

(rea)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK