Ulin Yusron Ditunjuk Jadi Komisaris BUMN Pariwisata ITDC

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 24/10/2020 16:29 WIB
Ulin Yusron diangkat menjadi Komisaris Independen dari ITDC yaitu BUMN yang bergerak di bidang pariwisata. Ulin Yusron ditunjuk jadi Komisaris Independen ITDC. (Screenshot via Instagram @Ulinyusron)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri BUMN Erick Thohir memberi jabatan Komisaris PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) kepada Ulin Ni'am Yusron, salah seorang pendukung/relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pemilihan Presiden lalu.

Keputusan itu tercantum dalam Surat Keputusan (SK) Nomor: SK-319/MBU/10/2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pengembangan Pariwisata Indonesia. Surat diterbitkan pada 8 Oktober 2020.

"Penyampaian SK dilakukan secara virtual melalui video conference dengan aplikasi Zoom Meeting oleh Pelaksana Tugas Asisten Deputi Bidang Kawasan, Logistik, dan Pariwisata Kementerian BUMN Endra Gunawan," ungkap ITDC dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (24/10).


Ulin ditunjuk untuk mengisi kursi Komisaris yang sebelumnya diduduki oleh Donni Aldian. SK juga menyatakan Donni diberhentikan dari jabatan tersebut.

"Pengangkatan Komisaris Independen tersebut melengkapi susunan Dewan Komisaris ITDC sebagai berikut: Dadang Rizki Ratman sebagai Komisaris Utama, Irzani sebagai Komisaris, Zainal Mutaqin sebagai Komisaris dan Ulin Ni'am Yusron sebagai Komisaris Independen," terang ITDC.

Penunjukan Ulin dikonfirmasi Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer.

"Iya betul. Sebagai pemerhati pers dan praktisi sosial media, Pak Ulin Yusron kami harap dapat memberi nilai tambah dalam hubungan perusahaan dengan media massa," kata Abdulbar kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (24/10).

Sebelumnya, Ulin dikenal sebagai salah satu relawan Jokowi yang aktif di media sosial. Di masa Pilpres pada Mei 2019 lalu, Ulin sempat membuat heboh karena menyebarluaskan data pribadi terduga pelaku yang mengancam akan memenggal kepala Jokowi.

Kala itu, Ulin menyebar data pribadi Dheva Suprayoga lewat media sosial -- yang di kemudian hari dihapus. Dheva mengklarifikasi dirinya bukan lelaki yang mengancam memenggal kepala Jokowi, seperti terekam dalam video yang beredar viral.

Di luar tim sukses Jokowi, Ulin sempat meniti karier menjadi wartawan Kontan sampai 2008 dan mendirikan media massa Beritasatu.com pada 2013. Ia juga menggeluti investigasi dan konsultan media online pada 2009-2013.

Berikut susunan Komisaris ITDC saat ini:

  • Komisaris Utama: DadangRizkiRatman
  • Komisaris: Irzani
  • Komisaris: ZainalMutaqin
  • Komisaris Independen: Ulin Ni'am Yusron
(uli/vws)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK