Lael Brainard Disebut Jadi Menkeu Jika Biden Ungguli Trump

Christine Novita Nababan, CNN Indonesia | Minggu, 25/10/2020 10:18 WIB
Lael Brainard mendapat dukungan dari analis dan investor Wall Street untuk menduduki kursi Menteri Keuangan jika Biden terpilih kelak. Lael Brainard mendapat dukungan dari analis dan investor Wall Street untuk menduduki kursi Menteri Keuangan jika Biden terpilih kelak. (AFP/Daniel Roland).
Jakarta, CNN Indonesia --

Lael Brainard disebut akan menjadi menteri keuangan apabila Joe Biden, calon presiden AS memimpin pemerintahan mengalahkan petahana Donald Trump.

Brainard, yang menjabat sebagai Anggota Dewan Gubernur The Federal Reserve (The Fed), diperkirakan menggeser Steve Mnuchin yang saat ini duduk di kursi Menteri Keuangan Pemerintahan Trump.

Jika ramalan analis tersebut benar, Brainard akan menjadi perempuan pertama yang menjalankan peran sebagai menteri keuangan AS. Ia bersaing dengan Senator Elizabeth Warren.


"Mungkin ada tarik menarik antara kaum progresif dan Demokrat yang lebih moderat, tetapi banyak orang lebih suka seseorang dengan latar belakang yang dalam di bidang ekonomi dan kebijakan moneter," ujar Quincy Krosby, Kepala Strategi Pasar dari Prudential Financial, mengutip CNN Business, Minggu (25/10).

Banyak analis dari Washington hingga investor Wall Street mendukung Brainard. Namun, yang bersangkutan belum juga berkomentar meskipun pemberitaan mengenai kans-nya duduk sebagai menteri keuangan sudah menggema.

Juru Bicara Tim Transisi Biden mengatakan bahwa tidak membuat keputusan apapun sebelum pemilihan. The Fed pun menolak mengomentari hal tersebut.

Brainard kemungkinan disukai banyak investor karena pengalamannya di luar The Fed, termasuk ketika awal karirnya di McKinsey dan The Brookings Institutions. Ia juga pernah menjabat dalam berbagai peran ekonomi di pemerintahan era Clinton dan Obama.

"Brainard sangat berkualitas," puji Mike O'Rourke, Kepala Strategi Pasar JonesTrading dalam sebuah laporan.

Bahkan, O'Rourke dengan tegas menyatakan bahwa pengalaman Brainard lebih cocok ketimbang pesaingnya, Warren.

Ia tak segan menyebut bahwa kepemimpinan Warren di Kementerian Keuangan mungkin akan mengguncang kepercayaan investor. "Akan sulit dibayangkan jika Warren memimpin Departemen Keuangan," katanya.

Selain Brainard, nama-nama lain yang disebut potensial untuk menduduki kursi menteri keuangan pemerintahan Biden kelak adalah mantan gubernur The Fed Janet Yellen dan Sarah Bloom Raskin, termasuk Wakil Dirut Ariel Investment Mellody Hobson.

"Tapi, Brainard lebih menonjol dari pesaing lainnya. Dalam hal pengalaman, Brainard telah memenangkan semua tiket," terang Robert Kuttner, salah satu pendiri The American Prospect.

"Untuk sekutu Wall Street dari kampanye Biden, Brainard sangat ideal sebagai sarjana karir dan pejabat publik," lanjut Kuttner.

[Gambas:Video CNN]



(bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK