Kenaikan Kelas Menengah Muslim Topang Ekonomi Syariah

CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 19:28 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan ekonomi dan keuangan syariah global tumbuh pesat dalam satu dekade terakhir. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan ekonomi dan keuangan syariah global tumbuh pesat dalam satu dekade terakhir.(CNN Indonesia/Christie Stefanie).
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan ekonomi dan keuangan syariah global tumbuh pesat dalam satu dekade terakhir. Menurutnya, kondisi tersebut ditopang oleh bertambahnya masyarakat muslim kelas menengah global.

"Kondisi itu terjadi salah satunya karena semakin banyaknya kelas menengah baru muslim yang dalam melakukan aktivitas ekonominya tetap ingin mempertahankan keyakinannya," ujarnya dalam acara International Forum on Contemporary Fiqh Issues on Islamic Economies and Finance, Selasa (27/10).

Menurutnya, kelas menengah muslim tersebut membentuk permintaan pada sektor ekonomi dan keuangan syariah. Permintaan tersebut menjadikan peluang potensial bagi pelaku pasar untuk memenuhi kebutuhan kelas menengah muslim.


"Maka bertemunya demand dan supply tersebut membentuk pasar ekonomi dan keuangan syariah global yang dari hari ke hari menunjukkan kenaikan yang tajam," imbuhnya.

Di Indonesia sendiri, pangsa pasar ekonomi dan keuangan syariah terbilang masih kecil. Sebagai perbandingan, total aset jasa keuangan syariah tercatat sebesar Rp1.639 triliun per Juli 2020. Jumlah itu setara 10,70 persen dari pangsa pasar keuangan di Indonesia.

Karenanya, Wapres menyatakan pemerintah memberikan perhatian khusus pada perkembangan ekonomi dan keuangan syariah, lantaran mayoritas penduduk Indonesia merupakan muslim. Ia menuturkan pengembangan tersebut difokuskan pada 4 bidang, yakni industri halal, keuangan syariah, social fund (dana sosial), dan bisnis syariah.

"Dalam bidang keuangan syariah selama ini Indonesia dipandang telah memiliki ekosistem yang relatif lengkap, mulai dari peraturan undang-undang, regulator, pelaku usaha dan masyarakat yang mendukung terciptanya ekosistem ekonomi dan keuangan syariah," katanya.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK