Jeff Bezos Jual Saham Amazon Rp42 T

CNN Indonesia | Jumat, 06/11/2020 08:39 WIB
Jeff Bezos menjual kepemilikan sahamnya di Amazon sebesar US$3 miliar atau setara Rp42 triliun. Kemungkinan itu dilakukan untuk mendanai Blue Origin. Jeff Bezos menjual sahamnya di Amazon senilai Rp43 triliun. (MANDEL NGAN / AFP).
Jakarta, CNN Indonesia --

CEO Amazon Jeff Bezos menjual sahamnya senilai lebih dari US$3 miliar atau setara Rp42,78 triliun (kurs 14.261 per dolar AS) di Amazon. Penjualan dilakukan di tengah kenaikan sebesar 75 persen yang terjadi pada saham Amazon pada tahun ini.

Ia tidak menjelaskan alasan penjualan saham tersebut. Yang pasti, Bezos memang sering menjual saham dan menggunakannya untuk mendanai perusahaan luar angkasa Blue Origin dan usaha lainnya.

Mengutip CNN Business, sebelumnya Bezos juga melepas sebagian besar saham pada Agustus dan Februari 2020. Secara total, ia telah menjual lebih dari Us$10 miliar saham Amazon sepanjang tahun ini. Menurut OpenInsider jumlah tersebut naik dari hampir US$3 miliar dibanding 2019.


Biasanya, miliarder dengan kepemilikan saham besar memang mendiversifikasi portofolionya karena tak ingin "menaruh semua telur dalam satu keranjang".

Amazon (AMZN) belum memberikan komentar terkait penjualan saham oleh CEO-nya tersebut.

Namun, Bezos pernah mengatakan dia menjual saham senilai sekitar US$1 miliar setahun untuk mendanai Blue Origin. Dia berjanji untuk menjual lebih dari US$1 miliar tahun ini karena perusahaan tersebut semakin dekat dengan operasi komersial.

Baru-baru ini, dia juga meluncurkan dana US$10 miliar untuk memerangi perubahan iklim. Bulan lalu, Blue Origin meluncurkan roket wisata antariksa tanpa awak ke tepi atmosfer Bumi. Ini sekaligus menandai uji terbang ke-13 New Shepard, nama kendaraan itu.

Bezos merupakan orang terkaya di dunia saat ini. Berdasarkan daya Bloomberg Billionaires Index, total kekayaannya tercatat sebesar US$191 miliar atau meningkat US$76 miliar sejak awal tahun.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK