Moeldoko Targetkan Pelatihan Prakerja Digelar Offline 2021

CNN Indonesia | Senin, 23/11/2020 18:43 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap program Kartu Prakerja bisa dilaksanakan secara offline pada 2021. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap program Kartu Prakerja bisa dilaksanakan secara offline pada 2021. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berharap program Kartu Prakerja bisa dilaksanakan secara offline pada 2021. Pelatihan offline dilakukan agar pembekalan skill yang diberikan kepada para peserta menjadi lebih banyak.

Hal tersebut sesuai dengan tujuan awal dirancang program Kartu Prakerja di mana peserta diberikan lebih banyak pelatihan ketimbang insentif.

"Saya kira nanti kalau pandemi selesai dan sudah kembali normal. Maka kami akan balik lagi pada tujuan awal, membekali seseorang agar lebih padat lagi," ucapnya dalam diskusi online bertajuk "Mindset Baru Pelayanan Publik dalam Program Kartu Prakerja", Senin (23/11).


Kendati demikian, Moeldoko menegaskan bahwa hal tersebut bukan berarti program pelatihan Prakerja secara online tak efektif. Menurutnya, pelatihan online tetap memiliki kelebihan karena bisa menjangkau lebih banyak peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

"Dengan adanya pandemi ini, semuanya juga sedang menghadapi situasi yang sulit maka pembekalannya sedikit berkurang, tapi logistiknya menjadi lebih banyak," terangnya.

Hanya saja menurutnya, upskilling dan reskilling dalam program Kartu Prakerja sangat penting dilakukan secara langsung agar para peserta dapat lebih siap untuk masuk ke dunia kerja.

Apalagi, jumlah yang bisa diserap pasar tenaga kerja saat ini sangat terbatas dan kemampuan yang dibutuhkan sangat spesifik.

"Sehingga nanti kalau ada kesempatan-kesempatan pekerjaan di luar, sesuai bidangnya yang diperlukan di market, maka dia bisa masuk dengan baik," tutur Moeldoko.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK