Tertekan Corona, Walt Disney PHK 32 Ribu Karyawan

CNN Indonesia | Kamis, 26/11/2020 19:56 WIB
Walt Disney mem-PHK sekitar 32 ribu karyawan karena bisnis taman hiburan dan resor mereka tertekan hebat oleh pandemi corona. Walt Disney mem-PHK 32 ribu karyawan karena bisnis mereka tertekan hebat oleh pandemi corona. Ilustrasi. (AFP Photo/Robyn Beck).
Jakarta, CNN Indonesia --

Walt Disney Co. memutuskan untuk mem-PHK 32 ribu karyawan setelah pandemi covid-19 menghantam bisnis taman hiburan dan resor mereka. Jumlah PHK tersebut 4 ribu lebih banyak dari rencana yang diumumkan sebelumnya.

Dalam penjelasannya kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS Rabu (25/11), perusahaan mengatakan PHK akan terjadi pada paruh pertama tahun fiskal, dan telah dimulai pada Oktober lalu.

Seperti diketahui, pandemi telah memberikan pukulan keras pada bisnis taman hiburan Disney (DIS) dan memaksanya untuk menangguhkan pelayaran kapal pesiar dan menunda rilis film besar.


Tak hanya itu, 12 taman hiburan mereka di Amerika Utara, Asia, dan Eropa ditutup penuh antara Maret dan Mei lalu. Meski Disney kini membuka kembali taman hiburan di Shanghai dan Florida, taman hiburan utamanya di California akan tetap ditutup setidaknya hingga akhir 2020.

Taman hiburan Disneyland Paris juga terpaksa kembali tutup akhir bulan lalu ketika Prancis memberlakukan lock down untuk kedua kalinya.

Hingga akhir kuartal III lalu, Disney tercatat merugi US$2,8 miliar dan menandai pembalikan tajam dari tahun sebelumnya, ketika perusahaan membukukan laba US$10,4 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(hrf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK