Induk SCTV Beli Saham Omni Hospital

CNN Indonesia | Rabu, 02/12/2020 08:03 WIB
Elang Mahkota Teknologi yang merupakan induk SCTV membeli saham Sarana Mediatama Metropolitan yang merupakan pengelola Omni Hospital. Induk SCTV membeli saham Omni Hospital untuk memperkuat lini usaha jasa kesehatan mereka. (Internet).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) yang merupakan pemilik dari stasiun televisi SCTV mengakuisisi PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk (SAME), pengelola RS Omni Hospital.

Mengutip keterbukaan informasi BEI, Elang Mahkota Teknologi membeli 4,24 miliar saham Sarana Mediatama.  Itu mewakili 71,88 persen saham Sarana Meditama Metropolitan, dari pemilik sebelumnya PT Omni Health Care.

"Dengan selesainya akuisisi tersebut, EMTEK memiliki 4,24 miliar saham yang mewakili 71,88 persen dari seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam SAME," tulis perseroan dikutip Rabu (2/12).


Sementara itu, harga akuisisi per saham senilai Rp137, sehingga harga total akuisisi adalah Rp581,01 miliar.

Perseroan menuturkan tujuan akuisisi ini untuk memperluas dan memperkuat lini usaha eksisting di bidang jasa pelayanan kesehatan melalui anak perusahaan. Akuisisi ini menjadikan Grup EMTEK perusahaan lebih besar yang memiliki kegiatan usaha beragam, dengan memperluas kegiatan usaha di bidang industri jasa pelayanan kesehatan.

"Sebelum Akuisisi, EMTEK tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan SAME," tegas perseroan.

Per 31 Oktober 2020, mayoritas saham Elang Mahkota Teknologi digenggam oleh Eddy Kusnadi Sariaatmadja sebesar 24,90 persen.

[Gambas:Video CNN]

Lalu, Susanto Suwarto sebesar 12,62 persen, PT Adikarsa Sarana 11,53 persen, Piet Yaury 8,84 persen, dan PT Prima Visualindo 8,14 persen.

Selanjutnya, The Northern Trust Company S/A Archipelago Investment Pte Ltd sebesar 8,06 persen dan Fofo Sariaatmadja 5,38 persen.

Sementara itu, publik memiliki 18,05 persen saham Mahkota Elang Teknologi, sedangkan sisanya 2,48 persen merupakan saham treasury.

(ulf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK