Vaksin Covid-19 Diyakini Bawa Angin Segar Bagi Pelaku Usaha

KPC PEN, CNN Indonesia | Sabtu, 05/12/2020 13:40 WIB
Para pelaku usaha berharap keampuhan vaksin dapat menekan penularan Covid-19 sehingga menggairahkan kembali roda perekonomian nasional menyongsong tahun 2021. Pandemi Covid-19 memberi dampak besar terhadap perputaran roda ekonomi, sehingga vaksin menjadi harapan pemulihan bagi para pelaku dunia usaha, (Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para pelaku dunia usaha menyambut positif upaya pemerintah menghadirkan vaksin Covid-19. Mereka berharap keampuhan vaksin dapat menekan penularan Covid-19 sehingga menggairahkan kembali roda perekonomian nasional menyongsong tahun 2021.

"Tentunya harapan dengan adanya vaksin ini akan menimbulkan rasa aman, rasa percaya dan mengurangi ketidakpastian, sehingga akan membantu orang mulai spending dan mengaktifkan kembali roda perekonomian," ucap Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Rosan Roeslani dalam Webinar 'Kesiapan Infrastruktur Data Vaksinasi Covid-19' bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) pada Selasa (1/12).

Optimisme yang sama juga disampaikan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Hariyadi Sukamdani. Menurutnya, jika efektivitas vaksin ini sesuai harapan, maka akan lebih cepat membawa perbaikan ekonomi.


Ia pun mengajak pengusaha untuk minta pemerintah kembali meninjau kewajiban pengusaha menyediakan anggaran untuk vaksinasi mandiri. Selama ini, pengusaha terkena imbas buruk sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

"Karena bagaimanapun juga, kita pada kondisi yang terdampak cukup berat, pada situasi seperti ini," ungkap Hariyadi.

Kehadiran vaksin nantinya diperkirakan dapat segera memulihkan dunia usaha seperti pariwisata, ekonomi kreatif dan juga usaha-usaha kelompok UMKM yang banyak bergantung pada pertemuan fisik.

Pemerintah sendiri saat ini sudah memberi isyarat akan segera menghadirkan vaksin secara bertahap mulai akhir tahun. Sementara itu, data survei yang dilakukan Kementerian Kesehatan menyebutkan sekitar 66 persen masyarakat Indonesia percaya dan menerima vaksinasi.

(ayo/rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK