Pemerintah Sudah Bayar DP Vaksin Corona dari China Rp537 M

Ulfa Arieza | CNN Indonesia
Jumat, 11 Des 2020 06:46 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah sudah membayar DP pengadaan vaksin corona dari China sebesar Rp537 miliar sehingga masih kurang Rp638 miliar. Menkes Terawan menyatakan pemerintah sudah membayar uang muka vaksin corona asal China sebesar Rp537 miliar. (AP/Achmad Ibrahim).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan pemerintah telah membayar down payment atau uang muka pembelian vaksin covid-19 asal China. Besaran uang muka yang diberikan pada perusahaan vaksin asal China itu sebesar Rp537 miliar.

"Pada rapat 17 November, kalau tidak salah sudah dibayar uang muka Rp573 miliar, nanti begitu datang akan dibayarkan sisanya menjadi Rp638 miliar," ujarnya dalam rapat bersama Komisi IX, Kamis (10/12).

Ia menjelaskan uang muka tersebut dibayarkan melalui PT Bio Farma (Persero). Diketahui, Bio Farma juga menjalankan kerja sama dengan Sinovac untuk melakukan uji klinis tahap ketiga.

"Government (pemerintah) membeli melalui BUMN, melalui Bio Farma," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah telah mendatangkan vaksin Sinovac sebanyak 1,2 juta dosis pada Minggu (6/12). Selanjutnya, kloter berikutnya akan datang pada bulan ini sebanyak 1,8 juta dosis, sehingga totalnya mencapai 3 juta dosis.

Menkes mengatakan anggaran program vaksinasi pada 2021 sebesar Rp17 triliun. Jumlah tersebut lebih besar dari anggaran program vaksin tahun ini sebesar Rp637,3 miliar.

[Gambas:Video CNN]



(ulf/agt)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER