Cara Daftar Tes Corona di Bandara Soekarno-Hatta

CNN Indonesia | Jumat, 18/12/2020 15:35 WIB
Angkasa Pura II menyediakan layanan tes virus corona di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), mulai dari rapid test antigen hingga PCR. Angkasa Pura II menyediakan layanan tes virus corona di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).(ANTARA FOTO/FAUZAN).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II menyediakan layanan tes virus corona di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Layanan tes covid-19 tersebut, akan terhubung dengan aplikasi Indonesia Health Alert Card (eHAC) milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang saat ini masih dalam transisi.

VP of Corporate Communication Angkasa Pura Yado Yarismano menjelaskan calon penumpang bisa memesan layanan tes covid-19 pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk Kemenkes, termasuk Farmalab yang berada di Terminal 2 dan Terminal 3 Bandara Soetta. Pemesanan dilakukan melalui fitur Health Passport di aplikasi eHAC.

"Fitur Health Passport di eHAC ini mempermudah traveler dalam melakukan perjalanan udara dengan tetap memenuhi protokol kesehatan," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (18/12).


Setelah masa transisi aplikasi oleh Kemenkes, eHAC nantinya juga bisa digunakan untuk validasi surat keterangan hasil tes covid-19 secara digital. Baik hasil rapid test maupun PCR test.

"Kami mengimbau supaya calon penumpang pesawat yang berangkat dari Bandara Soetta dapat memanfaatkan fitur Health Passport yang ada di aplikasi eHAC ini agar semakin mempermudah dalam memproses keberangkatan penerbangan," jelasnya.

Berikut langkah-langkah tes corona dan validasi hasil tes bagi penumpang dari Bandara Soetta melalui aplikasi eHAC:

1. Instal aplikasi eHAC.
2. Setelah selesai menginstal, pilih fitur 'account' yang ada di bawah bagian tengah tampilan aplikasi.
2. Pilih 'register now'.
3. Lakukan registrasi dengan alamat email dan memasukkan password yang ingin digunakan.
4. Setelah registrasi, pilih fitur 'Health Passport'.
5. Pada halaman Health Passport, pilih 'Health Passport Portal'.
6. Pada halaman Health Passport Portal, pilih menu Request Test at The Airport/Check Point/Station. Kemudian isi data yang tertera pada menu tersebut. Di dalam kolom kode bandara, masukkan kode Bandara Soekarno-Hatta, CGK.
7. Pilih laboratorium, yaitu Farmalab Soekarno-Hatta RGL Singapore, Farmalab Soekarno-Hatta T2 atau Farmalab Soekarno-Hatta T3. Selanjutnya, pilih request untuk didaftarkan pada lokasi tes covid-19.
8. Hasil tes dapat dilihat di menu PCR/rapid test history. Hasil test dapat diunduh atau dilihat lewat barcode, untuk kemudian ditunjukkan ke petugas di konter check in maskapai di Terminal 2 atau Terminal 3. 

[Gambas:Video CNN]



(ulf/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK