5 Rencana Resolusi Keuangan Tahun Baru 2021

tim, CNN Indonesia | Jumat, 01/01/2021 14:24 WIB
Memiliki kondisi keuangan yang lebih baik tentu jadi mimpi sejumlah orang di tahun 2021. Artikel ini membahas 5 rencanan resolusi keuangan Tahun Baru 2021. Memiliki kondisi keuangan yang lebih baik tentu jadi mimpi sejumlah orang di tahun 2021. Artikel ini membahas 5 rencanan resolusi keuangan Tahun Baru 2021. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Memiliki rencana keuangan yang lebih baik seringkali jadi resolusi Tahun Baru seseorang. Demi menunjang kehidupan yang lebih baik, faktor keuangan pribadi jadi salah satu kunci.

Dalam memulai tahun 2021, Anda mungkin bisa memilih resolusi keuangan Tahun Baru 2021 yang tepat. Beragam jenis rencana bisa dipilih, berikut beberapa rencana keuangan dilansir dari CNBC yang bisa Anda mulai tahun ini:

1. Coba Mulai Mencatat Anggaran

Hal yang sederhana namun kerap dirasa rumit adalah mencatat anggaran, pengeluaran dan pemasukan pribadi. Tips ini mungkin sering Anda dengar, tapi belum tentu Anda pernah memulainya.


Dengan mencatat anggaran, Anda dapat mengevaluasi pengeluaran dan pemasukan Anda setiap saat, bukan hanya di ujung tahun, atau keuangan dirasa sedang sulit.

Catat sekecil apapun pengeluaran dan pemasukan Anda, dengan itu Anda akan menjadi pribadi yang sadar dalam bertransaksi. Mencatat anggaran dapat menghindari Anda dari uang yang 'hilang' tanpa disadari.

2. Lunasi Semua Utang Kartu Kredit

Baik bagi Anda untuk memulai tahun yang baru dengan tenang dan mantap. Untuk mencapai perasaan tersebut, salah satu yang bisa dilakukan adalah melunasi semua utang kartu kredit.

Pergantian tahun bisa dijadikan momentum bagi Anda untuk melakukan hal tersebut. Selain membuat tenang, Anda juga bisa mengikis beban finansial sebelum berkomitmen untuk membuka pintu-pintu pemasukan lain, dan niat untuk menabung lebih banyak.

Ilustrasi kartu kredit dan kartu debit. (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Ilustrasi: Tertib dalam mengelola utang kartu kredit jadi salah satu resolusi keuangan Tahun Baru 2021 (Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika)

3. Membayar Kredit Tepat Waktu

Salah satu resolusi keuangan Tahun Baru 2021 yang bisa Anda lakukan adalah berkomitmen untuk selalu membayar kredit tepat waktu.

Selain terbebas dari perasaan berhutang, membayar kartu kredit tepat waktu juga memungkinkan Anda mendapat manfaat maksimal sebagai seorang nasabah.

Sikap tepat waktu dalam membayar kartu kredit bisa memicu kedisiplinan lain dalam mengelola keuangan Anda secara keseluruhan, termasuk disiplin dalam menabung.

4. Tidak Membuat Akun Kartu Kredit Baru

Memang tidak ada aturan atau anjuran pasti berapa banyak kartu kredit yang dimiliki seseorang. Bagaimana pun Anda melihat kebutuhan di tahun yang baru, upayakan untuk tidak menambah kartu kredit baru.

Hal ini baik dilakukan untuk menjaga stabilitas cash flow pribadi Anda. Dengan tidak menambah kartu kredit, berarti Anda tidak menambah ketergantungan Anda pada sifat berhutang.

Anda juga sebaiknya mengevaluasi transaksi kartu kredit Anda di tahun sebelumnya, agar bisa bijak mengambil sikap di tahun yang baru.

5. Menabung Lebih Banyak

Tak lain dan tak bukan, hal yang paling kongkret dilakukan adalah berhemat, yang berarti menabung lebih banyak. Hal pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah mengecek ulang transaksi auto-debit / auto-transfer Anda.

Secara sadar, Anda juga bisa berkomitmen untuk mengurangi pembelian yang tidak perlu. Bersiaplah berpegang pada komitmen ini saat menyambut musim-musim diskon, seperti contohnya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).

Anda juga bisa mengkaji ulang keuntungan dan kerugian dari kartu kredit yang Anda miliki. Kenali hambatan-hambatan di depan yang bisa menggoda komitmen Anda untuk menabung.

Ilustrasi online shop menyambut harbolnas 12.12, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019. CNNIndonesia/Safir MakkiIlustrasi: Mengantisipasi dengan bijaksana momen-momen diskon merupakan salah satu resolusi Tahun Baru 2021 yang bisa dilakukan. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Itu lah sejumlah resolusi keuangan Tahun Baru 2021 yang bisa Anda pertimbangkan untuk mulai. Komitmen menjadi kunci untuk Anda bisa mewujudkan kondisi keuangan yang lebih baik di tahun 2021.

(fjr/fjr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK