Rincian Anggaran Bansos 2021

CNN Indonesia
Senin, 04 Jan 2021 14:37 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini memaparkan alokasi dana bansos untuk 2021. Berikut rinciannya. Menteri Sosial Tri Rismaharini memaparkan alokasi dana bansos untuk 2021. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Sosial Tri Rismaharini memaparkan alokasi anggaran bantuan sosial (bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) untuk 2021.

Pertama, pemerintah akan menyalurkan bantuan kepada 10 juta keluarga dalam program keluarga harapan (PKH). Bansos diberikan setiap tiga bulan Januari, April, Juli, Oktober. Program ini mendapat anggaran Rp28,7 triliun.

Kedua, pemerintah juga melanjutkan program Kartu Sembako dengan target penerima 18,8 juta keluarga. Besaran bantuan Rp200 ribu per bulan hingga Desember 2020.

"Kartu sembako dengan target penerima 18,8 juta keluarga dengan anggaran Rp45,12 triliun," kata Risma dalam acara penyerahan bansos oleh Presiden Joko Widodo yang disiarkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Senin (4/1).

Ketiga, bansos tunai dengan target penerima 10 juta keluarga dengan anggaran Rp12 triliun di 24 provinsi di seluruh Indonesia. Bantuan diberikan senilai Rp300 ribu per keluarga selama empat bulan.

"Bantuan tunai Rp300 ribu per bulan per kepala keluarga diberikan kepada mereka di luar penerima PKH dan kartu sembako untuk dimanfaatkan pembelian keburuhan pokok bahan makanan, beras jagung, lauk pauk sayuran dan keperluan lainnya yg bermanfaat menghadapi covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut, Risma kembali mengingatkan larangan penggunaan bansos untuk rokok dan minuman keras.

"Kami mohon dukungan dari semua stakeholders," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]



(aud/sfr)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER