Bangun Food Estate, Jokowi Minta Pemda Percepat Perizinan

CNN Indonesia | Rabu, 06/01/2021 13:08 WIB
Presiden Jokowi meminta kepada para kepala daerah, khususnya di wilayah yang akan dibangun lumbung pangan untuk mempercepat perizinan di lapangan. Presiden Jokowi meminta kepada para kepala daerah, khususnya di wilayah yang akan dibangun lumbung pangan untuk mempercepat perizinan di lapangan.(Kris - Biro Setpres).
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada para kepala daerah, khususnya di wilayah yang akan dibangun lumbung pangan atau food estate, untuk mempercepat perizinan di lapangan.

Sejauh ini, pemerintah telah menetapkan dua lokasi food estate yaitu di Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara. Dimulai dari dua titik tersebut, nantinya program akan diperluas ke daerah-daerah potensial lainnya.

"Untuk 2021 saya minta agar para Gubernur yang berkaitan dengan pembangunan food estate dalam rangka ketahanan pangan agar agar percepat perizinan," jelas Jokowi pada rapat terbatas yang disiarkan secara daring, Rabu (6/1).


Pesan Jokowi kepada Pemda ialah agar pembangunan food estate pada tahun ini dapat diselesaikan sesuai target. Seperti diketahui, pemerintah tengah mengembangkan lumbung pangan guna menjaga ketahanan pangan serta sebagai antisipasi dari proyeksi defisit pangan akibat perubahan iklim.

Jokowi menunjuk Kementerian PUPR, Kementerian Pertanian, Kementerian Pertahanan, dan Kementerian BUMN untuk menggarap proyek yang dimulai pada kuartal terakhir tahun lalu ini.

Di Sumatera Utara, food estate dikembangkan di lahan seluas 30 ribu hektare yang tersebar di 4empat kabupaten yakni kabupaten Humbang Hasundutan, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah dan Pakpak Bharat.

Sementara di Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, dialokasikan area tanam sebesar 164 hektare untuk proyek ini.

[Gambas:Video CNN]



(wel/age)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK