Kejar Target Investasi Rp900 T, Bahlil Harap Vaksinasi Jalan

CNN Indonesia
Selasa, 26 Jan 2021 19:36 WIB
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap vaksinasi covid-19 mencapai separuh pada Mei-Juni 2020 untuk meningkatkan kepercayaan dunia usaha. Kepala BKPM Bahlil Lahadalia berharap vaksinasi covid-19 mencapai separuh pada Mei-Juni 2020 untuk meningkatkan kepercayaan dunia usaha. Ilustrasi. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia --

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan program vaksinasi covid-19 harus berjalan lebih cepat agar target investasi Rp900 triliun tahun ini bisa tercapai.

Pasalnya, hanya dengan cara tersebut dunia usaha dapat kembali menggeliat dan Indonesia menjadi tempat yang menarik untuk investor menanamkan modalnya.

"Semuanya akan mungkin dengan beberapa syarat. Pertama pandemi covid harus segera kita atasi. Vaksinasi harus tetap jalan dan diharapkan selesai bulan Mei-Juni, minimal setengah itu sudah selesai, agar kepercayaan orang menjalankan usahanya itu sudah jalan," ucapnya dalam webinar Bisnis Indonesia Business Challenges, Selasa (26/1).


Selain vaksinasi, lanjut Bahlil, pemerintah juga harus segera menyelesaikan berbagai aturan turunan Undang-Undang Cipta Kerja (Ciptaker). Khususnya terkait Norma, Standar, Prosedur, dan Kriteria (NSPK) perizinan berusaha.

"Kedua, bagaimana peraturan pemerintah tentang UU Cipta Kerja khususnya di NSPK tentang perizinan berusaha bisa kita lakukan bersama," tuturnya.

Terakhir, harus ada kinerja, sinergi yang positif, komprehensif, dan berkelanjutan antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten atau kota.

"Kalau ini sudah bisa diselesaikan, baru kita masuk fase di mana ada ruang cukup antara pemerintah dengan pengusaha baik dari dalam maupun luar negeri," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Menurut Bahlil, jika syarat-syarat tersebut bisa dipenuhi, target dari Presiden Jokowi untuk mencapai realisasi investasi sebesar Rp900 triliun tahun ini dapat dilaksanakan.

"Kalau ini mampu kita lakukan, insya Allah dengan semangat optimisme. Kita tahu covid-19 ini membuat orang banyak pusing, tapi pengusaha harus optimis juga. Insya Allah ini bisa kita lakukan dengan baik," pungkasnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER