Pemerintah Kembangkan Lumbung Ikan Nasional di Maluku

CNN Indonesia | Jumat, 05/02/2021 18:30 WIB
Pemerintah membangun lumbung ikan nasional di Maluku untuk mendorong perekonomian di kawasan timur Indonesia. Pemerintah membangun lumbung ikan nasional di Maluku untuk mendorong perekonomian di daerah itu. Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino).
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah akan mengembangkan Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Ini dilakukan untuk mendorong perekonomian masyarakat wilayah Timur Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pihaknya bersama pemerintah daerah tengah melakukan sinkronisasi kebijakan untuk mempercepat pelaksanaan program tersebut.

Di saat bersamaan, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) juga mempersiapkan pembangunan infrastruktur dasar baik untuk pelabuhan transportasi maupun kawasan pelabuhan perikanan.


"Pesan Presiden tidak boleh lama-lama, harus bergerak cepat dan ditargetkan 2023 baik pelabuhan dan infrastruktur lainnya bahkan industrinya, sudah bisa berjalan," ujarnya dalam konferensi pers di Ambon yang disiarkan melalui YouTube, Jumat (5/2).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menuturkan KKP akan fokus dalam persiapan ekosistem industri berupa pembangunan infrastruktur dasar pelabuhan perikanan.

Selain itu, pihaknya juga akan memastikan ketersediaan komoditi laut sebagai bahan dasar berlangsungnya produksi di kawasan LIN.

"Saya mempersiapkan dari aspek ekonominya, jadi ekonominya adalah ikan dan yang berkaitan dengan biota laut," terangnya.

[Gambas:Video CNN]

Pelabuhan perikanan di kawasan LIN Maluku rencananya dibangun semodern mungkin dengan mengusung konsep integrasi dari hulu hingga hilir. Dengan demikian, proses bisnis yang berjalan lebih efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Bagi kami di KKP adalah bagaimana seluruh potensi sektor KP atau biota kelautan ini, bisa berpusat di sini, sehingga perekonomian di sini nanti tumbuh. Lalu ada terbangunnya suatu pelabuhan perikanan yang modern, seperti yang kaya di Jepang misalnya," ujar Trenggono.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan pihaknya akan membangun infrastruktur dasar untuk pengembangan Ambon Newport yang terintegrasi dengan Pelabuhan Perikanan dalam satu kawasan di Pulau Ambon, Maluku.

"Pak Presiden secara khusus menegaskan bahwa pelabuhan dalam rangka lumbung ikan nasional harus segera dikerjakan, oleh karenanya kami di bidang perhubungan memang sudah melakukan studi secara mendalam, bahkan sudah didukung oleh studi yang dilakukan oleh World Bank," ucapnya.

Pelabuhan tersebut rencananya akan digarap dengan mekanisme Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). "Anggaran dari pemerintah dalam melakukan pembiayaan infrastruktur dasar sedangkan infrastruktur tambahan itu akan dibiayai oleh swasta," pungkasnya.

(hrf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK