AP I dan Sarinah Buka 'Lapak' UMKM di Bandara Syamsudin Noor

CNN Indonesia | Selasa, 16/02/2021 23:27 WIB
Pembangunan Galeri UMKM di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin, dilakukan untuk membantu pemasaran produk UMKM ke penumpang bandara. Ilustrasi UMKM. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura Retail, anak perusahaan PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I, bersama PT Sarinah (Persero) dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Kalimantan Selatan akan membangun Galeri UMKM di Bandara Syamsudin Noor, Banjarmasin.

Staf Ahli Bidang Keuangan & Pengembangan UKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting menyebut kerja sama ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM di tengah pandemi.

Perjanjian kerja sama ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan para pihak.


"Bentuk kerja sama ini merupakan suatu kolaborasi antara BUMN dengan pemerintah daerah dalam upaya pengembangan UMKM Indonesia, yang dapat menciptakan optimisme bagi UMKM untuk bangkit khususnya dalam masa pandemi ini sehingga diharapkan dapat mendorong terwujudnya UMKM Tangguh, Indonesia Maju," kata Loto dikutip rilis, Selasa (16/2).

Loto berharap sinergi serupa bisa diterapkan di daerah lain, tidak hanya di Bandara Syamsudin Noor.

Sedangkan, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan kerja sama ini memberi kesempatan bagi wong cilik untuk memanfaatkan galeri guna memasarkan produk mereka ke penumpang pesawat.

Porsi Kredit UMKM Terhadap Total KreditPorsi Kredit UMKM Terhadap Total Kredit. (Foto: CNN Indonesia/Basith Subastian)

Adapun cakupan kerja sama antara tiga pihak ini mencakup mekanisme pengelolaan gerai seluas 232 meter persegi di Bandara Syamsudin Noor untuk produk-produk UMKM Kalimantan Selatan.

Pada kerja sama ini, Angkasa Pura Retail dan Sarinah berperan sebagai kurator dan operator galeri atau gerai UMKM. Sedangkan, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pembina pelaku UMKM di Kalimantan Selatan, menghubungkan pelaku UMKM dan menyediakan produk-produk untuk dikurasi oleh Angkasa Pura Retail dan Sarinah.

[Gambas:Video CNN]

Direktur Utama PT Angkasa Pura Retail Edyana Paramitasari menyebut pihaknya akan mengembangkan kerja sama di bandara lainnya di bawah naungan AP I

Sebagai informasi, nantinya Galeri UMKM Bandara Syamsudin Noor akan diisi beragam kategori produk UMKM seperti produk fesyen etnik, suvenir, tas, makanan dalam kemasan, aksesoris, dan kerajinan tangan.

(wel/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK