Pengusaha Kecil Yakin Vaksinasi Bantu Pulihkan Ekonomi

KPCPEN, CNN Indonesia | Rabu, 17/02/2021 18:35 WIB
Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia Ikhsan Ingratubun mendorong masyarakat, terutama pedagang pasar untuk ikut vaksinasi tahap dua demi memulihkan ekonomi. Vaksinasi Covid-19 terhadap para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021) (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mendorong semua masyarakat, terutama para pedagang pasar untuk memanfaatkan program vaksinasi tahap dua ini demi mempercepat pemulihan ekonomi Indonesia.

"Setidaknya dengan upaya ini, kami mengapresiasi dan meminta semua anggota kami untuk segera vaksin agar lebih percaya diri dalam melakukan aktivitas perdagangan."

"Harapan kami di bulan April baiknya sudah selesai [vaksinasi] merata di seluruh Indonesia," ujar Ikhsan dalam Dialog Rabu Utama 'Vaksinasi Menyasar Pedagang Pasar' di Media Center KPCPEN, Rabu (17/2).


Ikhsan melanjutkan, dengan adanya vaksinasi maka penyebaran Covid-19 lebih bisa dikendalikan sehingga ekonomi nasional bisa kembali menggeliat pada 2021.

"Saya kira besar sekali dampak vaksinasi ini. Meski kuartal IV/2020 kita masih minus 3,90, mudah-mudahan dengan program vaksinasi ini di kuartal I-II/2021 masuk pada tren positif sesuai dengan optimisme pemerintah," ucap Ikhsan.

Di samping itu, menurutnya, perlu ada langkah strategis dari pemerintah untuk memublikasikan dampak positif vaksinasi, supaya dapat menaikkan minat masyarakat untuk mau divaksin.

"Saya sarankan keberhasilan-keberhasilan dari vaksinasi ini disosialisasikan secara masif. Karena perekonomian akan pulih kembali apabila penanganan Covid-19 ini berlangsung secara proper dan baik di 2021," ujarnya.

Sementara, Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI dr. Maxi Rein Rondonuwu menyebut vaksinasi bagi pedagang pasar ini akan berlangsung selama 6 hari dengan menargetkan 55 ribu orang.

"Kami tetap menunggu dan membuka pendaftaran selama sepekan untuk melakukan vaksinasi di Tanah Abang. Kalau memang masih ada [pendaftar], kami akan tetap buka."

"Bukan cuma di Tanah Abang, tapi di pasar-pasar lainnya di seluruh Jakarta, meliputi pasar besar maupun pasar tradisional," ujar Maxi.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK