4 SPBU Berhenti Operasi Sementara Akibat Banjir

CNN Indonesia | Selasa, 23/02/2021 00:18 WIB
Pertamina menyatakan 4 SPBU berhenti operasi sementara karena banjir akhir pekan kemarin. Dari jumlah itu, 3 terdapat di Karawang dan 1 di Jakarta Selatan. Pertamina menyatakan 4 SPBU yang terdampak banjir pada akhir pekan kemarin berhenti operasi untuk sementara waktu. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Pertamina (Persero) mengungkapkan empat Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berhenti beroperasi sementara usai banjir yang melanda kawasan DKI Jakarta dan Karawang, Jawa Barat pada akhir pekan lalu.

Pasalnya, Pertamina harus membersihkan dan mengecek sarana dan fasilitas tersebut demi keselamatan dan keamanan.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan empat SPBU tersebut tiga terdapat di Karawang dan satu lainnya di Jakarta Selatan.


"Hal ini diakibatkan genangan air yang cukup tinggi sekitar 30 sentimeter (cm) sampai 40 cm di sekitar SPBU pada akhir pekan lalu," jelasnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (22/2).

Keempat SPBU tersebut meliputi SPBU 34.41308 di Tanjung Pura, Kabupaten Karawang, SPBU 34.41344 di Jalan Pangkal Perjuangan, Kabupaten Karawang, dan SPBU 34.41317 di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang.

Sedangkan, satu SPBU lainnya adalah SPBU 34.12510 di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Ia menuturkan apabila kondisi sudah aman, maka Pertamina akan segera membuka operasional SPBU tersebut.

"Kami juga turut menghimbau masyarakat agar selalu waspada dan mengutamakan keselamatan dan tentunya juga mematuhi protokol kesehatan selama diperjalanan," ungkapnya.

[Gambas:Video CNN]

Sementara SPBU tersebut berhenti sementara, masyarakat bisa menggunakan alternatif layanan SPBU terdekat. Untuk Kabupaten Karawang, masyarakat yang melintas di sekitar area Tanjungpura dapat memperoleh pasokan BBM di SPBU 34.41310 Telukjambe, SPBU 34.41328 Exit Karawang Barat, dan SPBU 34.41349 di Jalan Jenderal Ahmad Yani.

Sedangkan,masyarakat yang melintas di Jalan Raya Rawabagus, Kabupaten Karawang, dapat memperoleh BBM di SPBU 34.41352 di Jalan Surotokunto, SPBU 34.41348 di Jalan Wirasaba, dan SPBU 34.41324 di Jalan Syah Quro.

Khusus masyarakat yang melintas di Jalan TB Simatupang, Ragunan, Jakarta Selatan dapat memperoleh BBM di SPBU terdekat yakni SPBU 34.12512 di Jalan Warung Jati Barat, SPBU 34.12103 di Jalan TB Simatupang, serta SPBU 34.12507 di Jalan Cilandak KKO.

"Kejadian bencana banjir seperti ini telah kami antisipasi dengan mencari alternatif rute mobil tangki yang aman, berkoordinasi dengan SPBU terkait penambahan suplai ke SPBU regular terdekat, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan BBM," tambah Eko.

Distribusi BBM dan LPG Aman Usai Banjir

Dalam kesempatan itu, ia juga pasokan BBM dan LPG di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya serta Kabupaten Karawang, Jawa Barat aman usai banjir yang melanda kawasan tersebut. Distribusi BBM dilakukan menggunakan mobil tangki dari terminal terintegrasi di Plumpang, Jakarta Utara serta terminal bahan bakar di Cikampek, Kabupaten Karawang.

Selain itu, Pertamina tetap menyiagakan agen dan pangkalan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Untuk informasi produk dan layanan Pertamina, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135.

(ulf/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK