Syarat Daftar Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 11:39 WIB
Sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi syarat. Untuk itu, simak syarat daftar prakerja gelombang 12 tahun 2021 berikut ini. Sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi syarat. Untuk itu, simak syarat daftar prakerja gelombang 12 tahun 2021 berikut ini. (Foto: CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun 2021 resmi dibuka. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (23/2).

Kuota Program Kartu Pekerja gelombang 12 kali ini telah disediakan untuk 600 ribu peserta, baik dari kalangan pencari kerja dan penganggur, maupun pekerja yang dirumahkan dan wirausaha terdampak pandemi.

Proses pendaftarannya masih sama dengan program Kartu Prakerja sebelumnya. 


Sebelum memutuskan mendaftar, setiap calon peserta diharapkan memenuhi syarat. Untuk itu, simak syarat daftar prakerja gelombang 12 tahun 2021 berikut ini.

Syarat Daftar Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

Petugas sedang mengecek E-KTP yang belum diambil warga di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta (14/9). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)Foto: CNN Indonesia/ Hesti Rika
Petugas sedang mengecek E-KTP yang belum diambil warga di Kelurahan Bukit Duri, Jakarta (14/9). (CNN Indonesia/ Hesti Rika)

  1. Berkewarganegaraan Indonesia (WNI) minimal berusia 18 tahun ke atas
  2. Merupakan pencari kerja, penganggur atau pekerja, wirausaha
  3. Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  4. Belum pernah menerima atau menjadi peserta Kartu Prakerja di tahun sebelumnya
  5. Jumlah keluarga yang menerima Kartu Prakerja tak lebih dari dua orang
  6. Bukan berasal dari pejabat negara, TNI/Polri, ASN, anggota DPR/D, BUMN/D, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD
  7. Belum menjadi penerima Bansos Kemensos (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), serta Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Besaran Insentif Program Kartu Prakerja 

Ilustrasi uang bantuan dari pemerintah sebesar 600 ribu rupiah bagi pekerja bergaji Di bawah 5 juta rupiah. CNN Indonesia/Safir MakkFoto: CNN Indonesia/ Safir Makki
Ilustrasi syarat daftar prakerja gelombang 12 dan besaran insentif program kartu Prakerja.

Airlangga menjelaskan program Kartu Prakerja selama semester I tahun ini akan tetap menggunakan metode semi-bansos.

Setiap peserta akan mendapatkan total insentif sebesar Rp3,55 juta, dengan rincian sebagai berikut.

  • Besaran bantuan pelatihan Rp1 juta
  • Insentif pasca-pelatihan Rp2,4 juta, masing-masing Rp600 ribu tiap bulannya selama 4 bulan
  • Insentif survei Rp150 ribu, masing-masing Rp50 ribu tiap satu kali survei sebanyak 3 kali.

Meski demikian belum diketahui kapan pelaksanaan pendaftaran gelombang 12 akan ditutup.

"Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600 peserta, dan target 2,7 juta penerima dapat didanai dengan anggaran Rp 10 triliun," jelas Airlangga.

Untuk mendaftar program Prakerja maupun informasi lebih lanjut mengenai syarat daftar Prakerja gelombang 12, masyarakat bisa mengakses laman resmi prakerja.go.id.

Selain itu, pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

(fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK