Oatly, Susu Gandum yang Didanai Oprah Bakal Go Public

CNN Indonesia | Kamis, 25/02/2021 08:29 WIB
Oatly, susu gandum yang didanai oleh Oprah Winfrey sebagai salah satu investornya, akan melantai di bursa saham AS. Oatly, susu gandum yang didanai oleh Oprah Winfrey sebagai salah satu investornya, akan melantai di bursa saham AS. (AFP/Ian West)
Jakarta, CNN Indonesia --

Oatly, merek susu gandum yang didanai oleh pembawa acara kondang Oprah Winfrey, berencana melakukan pencatatan perdana saham (Initial Public Offering/IPO) alias go public. Perusahaan yang berbasis di Swedia tersebut telah mengajukan formulir IPO kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC).

"(Penyerahan formulir) Langkah resmi pertama perusahaan untuk mengejar potensi IPO," jelas juru bicara Oatly Sara Fletcher dalam sebuah pernyataan resmi, melansir CNN Business, Rabu (23/2).

Ia mengungkapkan Oatly belum menentukan harga IPO dan jumlah saham yang akan dilepas kepada publik.


Selama musim panas, Oatly berhasil meraih investasi baru sebesar US$200 juta dari grup investasi yang dipimpin Blackstone.

Sejumlah tokoh kondang tergabung dalam grup investasi yang menyokong Oatly, selain Oprah Winfrey, yakni Natalie Portman, agensi hiburan Jay-Z dan eks CEO Starbucks Howard Schultz.

Fletcher menuturkan investasi dari para investor tersebut mewakili 10 persen dari total saham perusahaan.

Dalam beberapa tahun terakhir, popularitas susu gandum terus meningkat. Terlebih di kalangan peminum kopi yang menghindari produk susu hewani.

Sejumlah perusahaan besar telah memperhatikan tren tersebut. Sebut saja, Starbucks mengumumkan pada Desember lalu menyatakan bahwa mereka akan mulai menyajikan susu gandum di beberapa gerainya. Lalu, Danone (DANOY) memilih untuk memproduksi merek susu gandumnya sendiri, yakni Silk.

Selain itu ada HP Hood, sebuah perusahaan susu yang memiliki merek susu gandum Planet Oat. Sementara itu, Nestle (NSRGF) dan Starbucks (SBUX) meluncurkan krim non-susu yang dibuat dengan gandum dan susu almond tahun lalu.

Namun, Oatly membuat teknik pemasarannya sendiri di tengah kompetisi susu gandum tersebut.

Perusahaan menayangkan iklan dengan anggaran rendah selama Super Bowl tahun ini yang menampilkan CEO Oatly Toni Petersson tengah memainkan keyboard dan menyanyikan lagu berulang, dengan lirik "Wow! No Cow" (tidak ada sapi) di sebuah lapangan.

Sayangnya, banyak pihak yang tidak menyukai iklan tersebut. Oatly kemudian menanggapinya dengan aksi yang cukup unik, yaitu membagikan kaos bertuliskan "Aku sangat benci iklan Oatly itu".

[Gambas:Video CNN]



(ulf/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK