Cara Mengisi SPT untuk Karyawan dan PNS

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 10:14 WIB
Simak bekal berkas apa saja yang harus dipersiapkan beserta cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS khususnya jika baru pertama kali mengisi SPT pajak. Simak bekal dokumen apa saja yang harus dipersiapkan beserta cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS khususnya jika baru pertama kali mengisi SPT pajak. (Foto: djponline.pajak.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS semakin mudah di tengah era digital saat ini. Era digital mempermudah Wajib Pajak (selanjutnya disebut WP) dalam melaporkan pajaknya.

Setiap tahun WP pribadi harus melaporkan spt paling lambat akhir Maret sementara WP Badan atau perusahaan paling lambat akhir April.

Berikut cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS khususnya bagi Anda yang baru pertama kali mengisi SPT pajak. Namun, sebelum mengetahui cara mengisi SPT terlebih dahulu ada dokumen penunjang yang harus disiapkan.


Berkas atau Dokumen Penunjang Lapor SPT

Kartu NPWP. CNNIndonesia/Safir MakkiFoto: cnnindonesia/safirmakki
Ilustrasi cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS. NPWP, nomor EFIN, dan bukti potong adalah dokumen penunjang lapor SPT.

Ada beberapa dokumen yang harus anda siapkan terlebih dahulu sebelum lapor SPT tahunan PPh 21. Berikut uraiannya:

1. NPWP

Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan nomor induk pajak yang diberikan kepada Wajib Pajak sebagai sarana pembayaran perpajakan. Nomor identitas ini berlaku seumur hidup dan hanya dapat dibuat sekali dan juga tidak akan berubah sekalipun anda berada pada tempat tinggal berbeda dengan domisili.

b. EFIN

Electronic Filing Identification Number adalah nomor identitas yang diterbitkan oleh Ditjen Pajak kepada WP untuk melakukan transaksi elektronik seperti lapor SPT melalui e-filling serta pembuatan kode billing pembayaran pajak. EFIN bisa didapatkan dengan mendatangi langsung Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

c. Bukti Potong 1721 A1 atau A2

Bukti potong 1721 A1 digunakan bagi karyawan swasta untuk mengisi formulir e-filing atau e-form. Bukti potong ini bisa anda dapatkan dengan meminta kepada HRD perusahaan tempat anda bekerja.

Sementara 1721 A2 digunakan bagi WP berstatus PNS dan disediakan oleh masing-masing kementerian tempat PNS bekerja.

Setelah memastikan semua dokumen penunjang tersebut berada dalam satu berkas, kini saatnya melanjutkan ke Cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS.


Cara Mengisi SPT bagi Karyawan dan PNS

DJP online pajakFoto: DJP online pajak
Simak panduan dan cara mengisi SPT untuk karyawan dan PNS

  1. Buka perambah dan kunjungi laman resmi Ditjen Pajak di https://djponline.pajak.go.id
  2. Isi NPWP, Password EFIN, dan kode keamanan pada kolom yang tersedia
  3. Setelah berhasil log in, Anda akan masuk ke dalam halaman awal atau utama yang menampilkan profil biodata pada kolom sebelah kiri dan terdapat pilihan pengisian SPT berupa e-filing dan e-form
  4. Pilih salah satu yang menurut Anda lebih ringkas
  5. Jika memilih e-filing maka pastikan jaringan internet anda stabil selama pengisian data dilakukan untuk kemudian dikirimkan ke server DJP
  6. Sementara jika memilih e-Form, pengisian dapat dilakukan secara offline atau tanpa koneksi internet, anda akan diminta mengunduh formulir tersebut
  7. Jika memilih e-filing, klik atau ketuk tombol 'Buat SPT' yang berada di bagian kanan atas pada layar komputer. Jawab semua pertanyaan yang tersedia dengan benar dan sejujurnya
  8. Jenis formulir secara otomatis terpilih berdasarkan jawaban Anda.
  9. Formulir 1770 S akan didapatkan jika penghasilan di atas Rp 60juta setahun dan formulir 1770 SS anda dapatkan jika penghasilan kurang dari Rp60 juta setahun
  10. Ikuti panduan cara mengisi SPT 1770 SS dari laman resmi Ditjen Pajak Tutorial Pengisian SPT 1770 SS e-Filing
  11. Dan panduan untuk pengisian SPT 1770 S Tutorial Pengisian SPT 1770 S e-Filing
  12. Bagi anda yang memilih e-Form berikut link panduannya Tutorial Pengisian SPT 1770 S e-Form

Setelah selesai mengikuti panduan langkah dari video tutorial di atas, Anda akan menemukan tombol verifikasi.

Cek email pribadi anda untuk mendapatkan tautan verifikasi berupa kode angka dari Ditjen Pajak. Salin atau ketik nomor tersebut pada kolom verifikasi lalu klik 'Kirim SPT'.

Demikian cara mengisi SPT untuk Karyawan dan PNS yang dapat dicoba. Jika dalam pengisian menemui kebingungan, dapat menghubungi layanan telepon Kring Pajak di nomor 1 500 200 atau mengunjungi laman www.pajak.go.id.

(imb/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK