Daftar Situs Palsu Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 09:34 WIB
Masyarakat diimbau hati-hati dengan situs berdomain selain .go.id karena dipastikan palsu. Simak 7 situs palsu daftar kartu prakerja gelombang 12. Masyarakat diimbau hati-hati dengan situs berdomain selain .go.id karena dipastikan palsu. Simak 7 situs palsu daftar kartu prakerja gelombang 12. (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Program Kartu Prakerja gelombang 12 telah resmi dibuka, dengan batas akhir pendaftaran sampai Jumat, 26 Februari 2021.

Pengumuman tersebut resmi disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Selasa (23/2).

Kuota Program Kartu Pekerja gelombang 12 kali ini telah disediakan untuk 600 ribu peserta, yang diperuntukkan bagi kalangan pencari kerja dan penganggur, maupun pekerja yang dirumahkan dan wirausaha terdampak pandemi.


Perlu diketahui bagi calon pendaftar bahwa saat ini juga sedang marak situs palsu daftar Kartu Prakerja gelombang 12 yang beredar melalui pesan berantai maupun media sosial lain.

Sejumlah situs bodong tersebut mengatasnamakan Prakerja dengan narasi yang hampir serupa, yaitu seruan untuk mendaftar Prakerja gelombang 12.

Narasi 'ganjil' dari situs Prakerja bodong ini mengharuskan calon pendaftar untuk mengisi data diri secara lengkap disertai nomor ponsel.

Kemudian, pendaftar yang terperangkap dalam situs palsu tersebut diminta menyebarkan informasi pendaftaran ke 20 orang teman atau 5 grup lewat pesan WhatsApp.

Situs Palsu Prakerja 

Mengutip dari pesan siaran akun Instagram resmi @prakerja.go.id, terlampir beberapa nama situs palsu daftar Kartu Prakerja gelombang 12.

Ilustrasi bekerja dengan laptopFoto: StartupStockPhotos
Ilustrasi. Masyarakat diminta waspada situs palsu daftar kartu prakerja gelombang 12, dan hanya mendaftar pada web resmi prakerja.go.id
  1. kartuprakerja.go.id

  2. prakerja.id

  3. prakerja.vip

  4. kartu-prakerja.com

  5. kartu-prakerja.xyz

  6. https://dashboard.prakerja12.info/

  7. https://dashboard.prakerja12.xyz/

Pihak Prakerja juga menjelaskan bahwa akun resmi Instagram-nya yaitu @prakerja.go.id dan sudah terverifikasi dengan simbol centang biru.

Sedangkan untuk akun website resmi hanya www.prakerja.go.id. Begitupun dengan email verifikasi Kartu Prakerja yakni prakerja.go.id.

Apabila calon pendaftar Prakerja gelombang 12 menemukan domain .com dan bukan .go.id, maka dipastikan alamat tersebut palsu.

Bagi yang ingin mengikuti program Kartu Prakerja gelombang 12, link pendaftaran resmi dapat diakses melalui situs https://www.prakerja.go.id/.

Sejumlah syarat dan ketentuan untuk mengikuti program Prakerja juga ada pada situs prakerja.go.id.

Selain itu, pemerintah juga menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center Prakerja di nomor 021-25541246 dan e-mail di [email protected] Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

Itulah beberapa nama situs palsu daftar Kartu Prakerja gelombang 12 yang perlu Anda diwaspadai dan dihindari.

(avd/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK