Tarif Taksi Helikopter di Bandara Soetta Mulai Rp8 Jutaan

CNN Indonesia | Jumat, 26/02/2021 12:21 WIB
Layanan taksi helikopter sudah disediakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak 2019. Layanan taksi helikopter sudah disediakan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak 2019. Ilustrasi. (Reno Esnir).
Jakarta, CNN Indonesia --

PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II bekerja sama dengan PT Whitesky Aviation menyediakan layanan taksi helikopter sebagai alternatif transportasi dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta). Tarifnya mulai dari Rp8 jutaan.

Direktur Utama PT Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja mengungkapkan, untuk mengetahui tarif per perjalanannya, Whitesky membuat aplikasi khusus yang memudahkan konsumen untuk melihat harga sesuai dengan lokasi tujuan dan keberangkatan.

"Kita sendiri punya apps di situ ada distance-nya dari Cengkareng heliport ke 72 titik di Jakarta dan Jabodetabek, dan range price sekitar Rp8 jutaan hingga Rp20 jutaan itu facility-nya ada 3 sampai 4 passenger. Kalau carter flight di atas Rp20 jutaan harganya," terang Denon katanya dalam diskusi virtual APII Comes to You, Jumat (26/2).


Denon mengatakan layanan ini sudah ada sejak bandara helikopter (heliport) komersial di Soetta beroperasi pada 2019 lalu.

"Di Soetta ini, sebelum covid-19, kan ada 60 juta penumpang. Ada belasan airlines nasional dan 33 airlines asing dan potensinya lumayan," ujarnya.

Denon melanjutkan ada dua jenis helikopter yang bisa digunakan sebagai transportasi alternatif, yakni helikopter helicity serta helikopter kelas VIP.

"Helicity ini adalah satu yang bisa secara pricing affordable untuk kebanyakan masyarakat," ucapnya.

[Gambas:Video CNN]

Heliport Bandara Soetta sendiri memiliki 10 hanggar yang mampu menampung 50 helikopter jenis Bell 505 atau setara dengan 20 unit helikopter Bell 429/Airbus H130.

Ke depan, heliport dengan investasi Rp80 miliar itu juga akan di lengkapi dengan shooting point dan instalasi lampu untuk mendukung penerbangan malam. Lalu, ada customer lounge, cafe, kantor, fasilitas beserta person evacuation medic (heli medis).

"Kami akan ada juga pelayanan medical evacuation dari dan menuju rumah sakit-rumah sakit, bagi masyarakat yang kondisi tertentu tidak bisa dengan kendaraan umum," jelasnya.

(hrf/sfr)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK