Viral, Pegawai Bea Cukai Jayapura Sikut Perut Anak Buah

CNN Indonesia | Senin, 01/03/2021 21:10 WIB
Sebuah rekaman CCTV menunjukkan seorang staf Ditjen Bea dan Cukai Jayapura, Papua diduga melakukan kekerasan fisik ke anak buah. Sebuah video menunjukkan seorang staf Ditjen Bea dan Cukai Jayapuran melakukan aksi kekerasan fisik ke anak buah. Ilustrasi. (Istockphoto/coldsnowstorm).
Jakarta, CNN Indonesia --

Seorang staf Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan di Kota Jayapura, Papua diduga melakukan kekerasan fisik kepada anak buah.

Tindakan itu terekam dalam kamera pemantau (CCTV) dan viral di media sosial.

Video perlakuan kekerasan fisik itu diunggah oleh Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi Golkar Misbakhun melalui akun Twitter pribadinya pada Senin (1/3) malam.


"Saya mendapat kiriman video. Diduga ini kejadian di Kantor Pelayanan Bea Cukai Jayapura. Ada adegan kekerasan fisik. Minta tolong Menteri @KemenkeuRI Dirjen @DitjendBeaCukai dan Irjen @ItjenKemenkeu mengecek," tulis Misbakhun sembari membagi video kekerasan fisik tersebut.

Dalam video itu tampak seorang staf DJBC yang diduga Misbakhun memiliki jabatan lebih tinggi melakukan kekerasan fisik kepada korban yang diduga merupakan bawahannya. Oknum menendang dan memukul korban.

"Dugaan kekerasan fisik di Kantor Bea Cukai Jayapura harus jadi perhatian Menteri @KemenkeuRI , Dirjen @DitjendBeaCukai dan Irjen @ItjenKemenkeu karena kekerasan fisik ini harus diperiksa apa sebab permasalahannya," sambungnya.

Aksi kekerasan fisik itu bahkan tidak terjadi satu kali. Dalam cuitan berikutnya, Misbakhun membagi video lain yang menunjukkan dugaan aksi kekerasan fisik dilakukan di ruangan berbeda.

Bahkan, ada pula tautan video yang menunjukkan kekerasan fisik dilakukan di luar kantor dan di luar jam kerja.

"Apalagi dugaan kekerasan fisik itu tidak hanya pada saat berdinas di kantor Bea Cukai Jayapura. Tapi juga di saat diluar jam kerja. Untuk sebaiknya Menteri @KemenkeuRI , Dirjen @DitjendBeaCukai , Irjen @ItjenKemenkeu memeriksa ini," katanya.

[Gambas:Video CNN]

CNNIndonesia.com berusaha mengonfirmasi video kekerasan fisik yang dibagikan Misbakhun kepada Kementerian Keuangan dan DJBC. Redaksi menghubungi Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Rahayu Puspasari.

Begitu juga dengan Direktur Jenderal Bea Cukai Kemenkeu Heru Pambudi, Direktur Fasilitas dan Teknis Cukai DJBC Kemenkeu Nirwala Dwi Heryanto, dan Kepala Sub Direktorat Hubungan Masyarakat DJBC Kemenkeu Haryo Limanseto. 

Namun, hingga berita ini diturunkan, yang bersangkutan belum memberikan tanggapannya.

(agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK