Kartu Prakerja Gelombang 13 Segera Dibuka

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 12:59 WIB
Hasil seleksi Program Kartu Prakerja gelombang 12 akan segera diumumkan. Bersamaan dengan itu, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka. Hasil seleksi Program Kartu Prakerja gelombang 12 akan segera diumumkan. Bersamaan dengan itu, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hasil seleksi Program Kartu Prakerja gelombang 12 akan segera diumumkan. Bersamaan dengan itu, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 13 akan dibuka.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyatakan hasil seleksi gelombang terakhir akan diumumkan hari ini (2/3) atau Rabu (3/3).

"Hasil seleksi gelombang 12 akan diumumkan tanggal 2 atau 3 (Februari). Pembukaan gelombang 13 segera setelahnya," katanya lewat pesan singkat dikutip pada Selasa (2/3).


Untuk pendaftar yang ingin mengetahui hasil seleksi, ada dua cara pengumuman hasil, yaitu lewat SMS atau mengecek langsung di situs web program kartu prakerja.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni P Purbasari mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan kepastian pengumuman karena verifikasi Nomor Induk Kependudukan (NIK) peserta harus berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

Misalnya, PMO harus memastikan peserta yang mendaftar bukan berasal dari TNI dan Polri dengan cara verifikasi data NIK dengan PT Asabri (Persero).

PMO juga harus memastikan peserta bukanlah Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai BUMN, penerima bantuan sosial, dan lainnya yang tergolong bukan penerima Kartu Prakerja.

Data PMO mengungkapkan jumlah pendaftar Kartu Prakerja di 2020 lalu mencapai 43,8 juta orang di mana jumlah pendaftar terus bertambah di setiap gelombang. Dari jumlah tersebut, 5.978.619 orang di antaranya dinyatakan lolos seleksi.

Dari jumlah tersebut 478.619 orang dicabut kepesertaannya karena tidak menggunakan insentif pelatihan yang dikirim akun peserta dalam waktu 30 hari pertama.

Dengan demikian, total peserta yang efektif memanfaatkan insentif pelatihan sebanyak 5,5 juta orang. Namun, peserta yang menyelesaikan pelatihan serta berhak mendapatkan insentif hanya 5,3 juta orang.

[Gambas:Video CNN]



(wel/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK