BEI Kejar Unicorn Segera Melantai di Bursa RI Tahun Ini

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 21:01 WIB
BEI mengaku terus mengejar unicorn untuk segera melantai di bursa saham dalam negeri. Mereka sudah diskusi dengan sejumlah unicorn. BEI mengejar sejumlah unicorn untuk segera melantai di bursa saham dalam negeri. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A).
Jakarta, CNN Indonesia --

Bursa Efek Indonesia (BEI) terus mengejar unicorn melantai di bursa tahun ini. Manajemen mengaku sudah berbicara dengan beberapa unicorn terkait rencana untuk penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

"Kami sudah berbicara dengan unicorn, semoga salah satu unicorn akan listed (melantai di BEI) tahun ini," ucap Direktur Utama BEI Inarno Djajadi dalam Webinar: MNC Group Investor Forum 2021-Recovery Story after The Big Reset, Selasa (2/3).

Inarno masih enggan menjelaskan rinci bagaimana pembicaraan BEI dengan beberapa unicorn. Ia juga tak menyebut unicorn mana saja yang sudah berdiskusi dengan pihak bursa.


"Beberapa hal tidak dapat diungkapkan sekarang, tapi kami mencoba membantu mendengarkan dan tentu saja berbicara juga dengan OJK," jelas Inarno.

Sebelumnya, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI Laksono Widodo menyatakan komunikasi dengan unicorn sebenarnya sudah terjadi sejak 2019 lalu. Bahkan, komunikasi dengan unicorn ini bukan hanya satu perusahaan, melainkan ada beberapa.

Hanya saja, belum ada pendaftaran resmi rencana IPO itu sampai sekarang ke BEI.

"Belum ada pendaftaran resmi ke kami. Ngobrol dengan mereka sudah sejak 2019. Tapi saya tidak bisa bilang (kapan unicorn akan IPO)," kata Laksono.

[Gambas:Video CNN]

Laksono menyebut ada beberapa kendala yang membuat pendaftaran IPO dari unicorn belum terealisasi sampai sekarang. Salah satunya terkait kelas saham ganda yang berbeda dengan investor publik atau dikenal dengan istilah dual class of shares.

"Jadi saham pendiri memiliki voting power yang berbeda (dengan investor publik)," pungkas Laksono.

(aud/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK