Sandiaga Uno: Potret Wisata Lagi Betul-betul Prihatin Guys

CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 15:41 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan potret wisata RI di tengah pandemi corona cukup memprihatinkan karena penyakit membuat kunjungan wisman anjlok 74 persen. Sandiaga Uno mengatakan sektor pariwisata di tengah pandemi corona cukup memprihatinkan. (Arsip Menparekraf).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut potret sektor pariwisata saat ini pandemi covid-19 sangat memprihatinkan.

Karena itu, ia berharap dan berdoa agar pandemi cepat berakhir sehingga sektor pariwisata dapat kembali pulih.

"Potret (pariwisata) kita sekarang nih, sedih deh. Potret pariwisata lagi betul-betul prihatin, guys. Forwada mudah-mudahan bisa ikut berdoa," katanya dalam Forum Wartawan Daerah (Forwada) secara daring, Kamis (4/3).


Sandiaga menyebut pukulan itu telah berdampak ke pekerja sektor wisata. Pasalnya, pandemi membuat jumlah wisman anjlok 74 persen dan wisatawan domestik turun 30 persen pada 2020 kemarin.

Karena kunjungan dan pergerakan wisatawan menurun tajam, total sekitar 1,5 juta lapangan pekerjaan di sektor terkait terdampak.

Terjadi penurunan jumlah tenaga kerja pariwisata dari 19,24 juta pada 2019 menjadi 18,76 juta atau turun 2,5 persen.

Potret memprihatinkan lainnya juga tercermin dari pertumbuhan sektor pariwisata yang pada 2020 minus 2,49 persen.

"Pada 2021 kami melihat tren pemulihan berlanjut, pariwisata kami harapkan tumbuh lapangan pekerjaan 3-4 persen dan sektor ekonomi kreatif tumbuh 2 persen-3 persen," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Dalam memulihkan sektor pariwisata, Sandiaga menyebut selain disiplin 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan meningkatkan 3T (testing, tracing dan treatment), ia juga memiliki resep tambahan lainnya yaitu 3G.

Metode 3G yang dimaksud dia adalah gerak cepat (garcep), gerak bersama (geber), dan gaspol atau menggarap semua potensi yang ada.

"Garcep karena kita tidak punya banyak waktu, geber gerak bersama, ga bisa gerak sendiri-sendiri, dan G terakhir gaspol adalah menggarap semua potensi agar bisa bertahan dan membangkitkan ekonomi," jelasnya.

(well/agt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK