Fokus Jualan Online, Disney Bakal Tutup 60 Toko

reuters, CNN Indonesia | Kamis, 04/03/2021 14:42 WIB
Disney akan menutup setidaknya 60 toko di Amerika Utara. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari total toko Disney yang ada di dunia. Disney akan menutup setidaknya 60 toko di Amerika Utara. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari total toko Disney yang ada di dunia.Ilustrasi. (AP/Kin Cheung).
Jakarta, CNN Indonesia --

Disney akan menutup setidaknya 60 toko di Amerika Utara. Jumlah ini setara dengan 20 persen dari total toko Disney yang ada di dunia.

Dikutip dari Reuters, Disney bakal merombak platform belanja digital agar fokus pada e-commerce. Perusahaan media dan hiburan ini pun sedang mengevaluasi pengurangan jumlah toko di Eropa.

Namun, seorang sumber mengungkap toko yang berlokasi di Jepang dan China tak akan terdampak. Tercatat, Disney memiliki sekitar 300 toko di seluruh dunia.


Hingga saat ini, perusahaan tidak mengungkap berapa banyak orang yang akan kehilangan pekerjaan akibat penutupan tersebut.

Konsumen telah beralih ke belanja digital daripada lokasi fisik. Tak hanya Disney, jaringan toko termasuk Walmart Inc dan Macy's Inc telah menutup toko fisik.

Pandemi global virus corona mempercepat perubahan itu ketika orang terpaksa tinggal di rumah.

"Sementara perilaku konsumen telah bergeser ke arah belanja online, pandemi global telah mengubah harapan konsumen dari pengecer," kata Presiden Produk Konsumen, Game, dan Penerbitan Disney Stephanie Young dikutip dari Reuters, Kamis (4/3).

Selama beberapa tahun terakhir, Disney telah memperluas tokonya di dalam pengecer lain seperti Target di Amerika Serikat dan toko Alshaya Group di Timur Tengah. Lokasi tersebut akan terus beroperasi, serta toko di dalam Disney Land.

Produk berlisensi Disney juga akan tetap tersedia secara luas melalui pengecer pihak ketiga. Di sisi lain, Disney akan merombak aplikasi dan situs web shopDisney-nya pada tahun depan.

[Gambas:Video CNN]



(age/bir)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK