Alasan Pemerintah Tak Larang Mudik Lebaran Tahun Ini

cnn, CNN Indonesia | Selasa, 16/03/2021 12:42 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran 2021. Namun, protokol kesehatan ketat segera disusun. Menhub Budi Karya Sumadi mengungkap pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini. Namun, protokol kesehatan ketat segera disusun.(CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan).
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkap pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik Lebaran tahun ini dan akan membuat mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun pihaknya dan Gugus Tugas Covid-19.

"Terkait dengan mudik 2021 pada prinsipnya pemerintah lewat Kemenhub tidak akan melarang. Kami akan koordinasi dengan Gugus Tugas bahwa mekanisme mudik akan diatur bersama dengan pengetatan, dan lakukan tracing pada mereka yang mereka yang akan berpergian," ujar Budi Karya dalam rapat kerja dengan komisi V DPR RI, Selasa (16/3).

Pasalnya, beberapa program yang dilakukan baru-baru ini dinilai menambah rasa percaya diri masyarakat. Sehingga, dia pun memprediksi bisa terjadi lonjakan orang mudik tahun ini.


"Pasti terjadi lonjakan. Program vaksinasi membuat masyarakat ingin bepergian. Ada juga PPnBM 0 persen dan penggunaan tes genose yang membuat orang confident bepergian," ungkap Budi Karya.

Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah akan menekankan protokol kesehatan.

Sebagai informasi, tahun lalu, pemerintah melarang mudik lebaran. Hal itu dilakukan demi menekan penyebaran virus corona antar daerah. Selain itu, semua mekanisme perjalanan akan diatur oleh pemerintah dan Satgas Covid-19.

[Gambas:Video CNN]



(age/sfr)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK